Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Memiliki Rumah Minimalis, Ketahui Dulu Untung Ruginya

Kompas.com - 02/09/2022, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA,KOMPAS.com - Rumah minimalis merupakan konsep rumah yang menerapkan kesederhanaan, estetika, dan efisiensi dalam desainnya.

Saat tinggal di rumah minimalis, para penghuni rumah diharapkan bisa menikmati kesederhanaan dari bentuk dan detail serta menikmati keindahan yang muncul.

Namun, sebelum Anda berinvestasi lebih jauh untuk membeli sebuah unit rumah minimalis, sebaiknya pertimbangkan dulu untung ruginya.

Baca juga: Karakteristik Rumah Minimalis yang Wajib Anda Ketahui

Berikut sederet keuntungan dan kerugian dari rumah minimalis seperti dikutip dari laman Houzz.


Keuntungan

Rumah minimalis memiliki lebih sedikit furnitur, yang membuat ruangan tak terasa penuh dan sesak.
Keterbukaan inilah yang menciptakan ruang sirkulasi udara yang memadai di dalam area rumah.

Selain itu, rumah berkonsep minimalis dirancang minim area dinding sehingga bisa memberikan tampilan yang cerah dan lapang serta menciptakan ilusi banyak ruang.

Penggunaan skema warna yang menenangkan serta netral seperti krem, putih, dan abu-abu menciptakan ruang yang tenang dan tenteram.

Baca juga: Ingin Ciptakan Rumah Minimalis? Berikut Tips Cepatnya

Dengan bentang ruang terbuka yang luas dan sebagian besar barang berada di area penyimpanan tertutup, maka rumah akan cenderung bebas debu. 

Karena furnitur dirancang dalam bentuk geometris sederhana, debu yang terkumpul lebih sedikit sehingga lebih mudah dibersihkan.

Rumah minimalis bebas dari kekacauan dan terorganisir dengan baik, karena semuanya berada di tempat yang tepat dan hanya dikeluarkan bila benar-benar diperlukan. 

Ilustrasi rumah minimalis, rumah dengan gaya arsitektur minimalis.UNSPLASH/BRIAN BABB Ilustrasi rumah minimalis, rumah dengan gaya arsitektur minimalis.

Kerugian

Sayangnya, banyak pemilik rumah merasa bahwa dekorasi rumah minimalis memberikan tampilan yang dingin dan hambar. Tidak ada tambahan warna terang sehingga bisa menimbulkan suasana yang monoton. 

Namun, ini bisa diakali dengan penggunaan material yang beragam seperti aksen logam atau kayu untuk menambah daya tarik visual pada dekorasi rumah minimalis.

Selain itu, untuk mencapai gaya minimalis yang sempurna, pemilik rumah harus menguasai seni melepaskan berbagai hal. 

Putri Aulia Spesifikasi rumah tapak jabatan para menteri di IKN

 

Para pemilik rumah minimalis hanya diperkenankan untuk menyimpan furnitur yang diperlukan dan memilih beberapa item yang bisa menimbulkan rasa bahagia.

Tentu saja ini bukan hal mudah terutama bagi sebagian orang yang menganggap barang tertentu selalu memiliki nilai penting karena ada sejarah yang melekat padanya.

Biaya untuk mengerjakan dan menata rumah minimalis juga tergolong tinggi karena diharuskan untuk menggunakan produk dan material berkualitas agar produk yang dihasilkan berumur panjang. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com