Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Dilibatkan Bangun Homestay di Kampung Warna Warni Tigarihit

Kompas.com - 30/08/2021, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat turut dilibatkan dalam pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Kampung Warna Warni Tigarihit, Parapat, Sumatera Utara.

Kampung tersebut merupakan salah satu bagian dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Lokasi Kampung Warna Warni Tigarihit ini berada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, tepatnya di Jalan Kolonel TPR Sinaga.

Berjarak hanya beberapa menit dari Kota Parapat, mayoritas penduduk Kampung Warna Warni Tigarihit berprofesi sebagai pekerja pariwisata.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, program Sarhunta dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keswadayaan masyarakat untuk mewujudkan rumah layak huni.

"Ini juga demi dalam kesejahteraan masyarakat di lokasi destinasi pariwisata prioritas,” terang Khalawi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/08/2021).

Baca juga: 915 Homestay di Mandalika Siap Sambut World Superbike

Sarhunta di Danau Toba diharapkan bisa mendorong geliat pariwisata sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Khalawi menjelaskan, Sarhunta dibangun sebagai upaya mengoptimalkan fungsi hunian dan membentuk konektivitas antar bangunan sekaligus penataan lingkungan berbasis pada pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan Sarhunta ini dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Utara Balai P2P Sumatera II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR sejak tahun 2020 di Danau Toba.

Pelaksanaanya dilakukan di enam daerah yakni Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Humbang Hasudutan, dan Kabupaten Dairi.

Khusus Kabupaten Simalungun, bantuan pada Tahun Anggaran (TA) 2020 dialokasikan sebesar Rp 11,6 miliar.

Rinciannya, 30 unit untuk homestay di Desa Tiga Hirit dan 235 unit pembangunan koridor tersebar di empat kecamatan dan 14 desa/kelurahan.

Dengan adanya Sarhunta ini nantinya akan menjadi hunian yang pas bagi masyarakat jika ketersediaan hotel di daerah tersebut sudah penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com