Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial, Yuk Mengenal Desain Japandi yang Lagi Trending di TikTok

Kompas.com - 24/08/2021, 22:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tentunya Anda pernah mendengar tentang masakan fusion, tetapi bagaimana dengan dekorasi yang mengadopsi gaya serupa?

Tren desain fusion terbaru ini merupakan perpaduan pengaruh Skandinavia dan Jepang yang dijuluki "Japandi" dan menjadi salah satu tagar desain teratas di platform TikTok.

Skandinavia dan Jepang masing-masing dikenal dengan ciri khas estetikanya.

Desain Skandanavia condong ke rustic, palet warna yang sejuk, dan mengutamakan dinding putih.

Sementara desain Jepang, lebih menyukai furnitur yang dibangun rendah ke lantai, tidak ada  pemisahan antara ruang luar dan dalam ruangan, palet warna netral yang lebih hangat dengan aksen hitam menarik.

Baca juga: Gaya Arsitektur Japandi Lagi Ngehits, Begini Asal Muasalnya

Namun, kedua dekorasi ini memiliki lebih banyak kesamaan. Anda mungkin beranggapan keduanya menonjolkan dekorasi minimalis, furnitur fungsional, serta bahan dan sentuhan akhir alami seperti kayu dan bambu.

Desain Japandi menggabungkan kehalusan desain Jepang dengan gaya hidup pedesaan Nordik.

Interior putih bersih dengan perabotan kayu dan sentuhan furnitur, perabotan, pintu geser berwarna hitam.

Platform tempat tidur, sofa modular, sofa daybed rendah, dan bangku di ambang jendela adalah elemen khas desain Japandi.

Menghadirkan alam bebas yang banyak cahaya sinar matahari masuk ke dalam rumah dan tanaman hijau elegan, seperti tanaman gantung.

Tren ini adalah cerminan dari jiwa kita yang dilanda pandemi dan evolusi alami dari apa yang kita sebut "real-estate showroom" pra-Covid.

Desain Japandi ini bertujuan untuk memberi kehangatan dan kenyamanan kepada penghuni, karena banyak beraktivitas di dalam rumah.

Desain Japandi lebih dari sekadar estetika murni, dan mewakili pola pikir baru. Pada era pasar serba cepat yang terobsesi dengan penemuan baru, desainnya memiliki kualitas tinggi yang akan berkelanjutan dan bertahan lama.

Japandi adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap hal-hal yang dibuat dengan tangan dan akan tahan lama. Bambu, salah satu bahan paling populer digunakan dalam desain ini.

Keindahan gabungan gaya tradisional dari Skandinavia dan Jepang adalah desain yang cantik, cocok digunakan dari waktu-waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com