Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Coworking Space Akan Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 19/08/2021, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlangsungnya pandemi Covid-19 selama satu tahun lebih telah membawa perubahan terhadap banyak hal termasuk konsep ruang di coworking space

Sebelum pandemi, desain ruang dalam sebuah coworking space dibuat compact dan ringkas.

Namun menyesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang menyarankan agar ada jarak antar-orang, konsep ruangan pasti akan berubah. 

General Manager WeWork Australia dan Asia Tenggara Balder Tol, dalam wawancara bersama Kompas.com menyampaikan, pengembangan ruang kerja yang fleksibel harus dikolaborasikan dengan kemampuan beradaptasi untuk mengatasi pandemi. 

Baca juga: Tren Perkantoran Jakarta, Flexible Office dan Coworking Space

"Bagi banyak pemimpin bisnis, di tengah situasi ini, mereka akan dituntut untuk lebih memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan," jelas Balder. 

Hal ini jadi alasan utama WeWork meningkatkan jumlah ruang dan menerapkan protokol kebersihan sejak awal pandemi Covid-19. Inilah yang menjadi fokus WeWork yang terus dijaga agar selaras dengan evolusi pandemi. 

Balder mengaku saat awal mula pandemi, permintaan ruangan di coworking spade sempat menurun karena perusahaan-perusahaan mulai memberlakukan sistem bekerja dari rumah.

Namun, ketika situasi berangsur-angsur membaik minat untuk menggunakan jasa WeWork, kembali meningkat karena perusahaan mitra mulai merencanakan strategi tempat kerja secara jangka panjang dan lebih berkelanjutan.

Di sisi lain, perusahaan kecil juga memilih pengaturan ruang kerja yang lebih fleksibel daripada berkomitmen terhadap ruang kerja tradisional.

"Saya sendiri terinspirasi dari kreativitas tim komunitas WeWork di Indonesia yang terus mendorong interaksi dengan para anggotanya meskipun adanya pembatasan sosial," jelas Balder. 

Misalnya dengan menyelenggaran webinar kepemimpinan tentang pemulihan pasca pandemi hingga inisiatif penggalangan dana untuk komunitas yang kurang mampu.

WeWork telah bekerja sama dengan para pelanggan seperti perusahaan start-up, perusahaan kecil dan menengah hingga perusahaan besar untuk membantu mereka berkembang dengan lebih disiplin.

"Karena pandemi terus berkembang, kami perlu memastikan bahwa respons kami tepat waktu dan sangat relevan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan anggota dan karyawan kami di Indonesia," tambah Balder. 

Mesk di Indonesia banyak tumbuh operator coworking space, seiring pertumbuhan start-up, namun Balder menegaskan WeWork tidak khawatir dan yakin bisa tetap unggul. 

"Sebagai perusahaan global, pembeda utama kami terletak pada jaringan, keberadaan, dan pengalaman. WeWork telah berkecimpung dalam bisnis ini lebih dari 10 tahun sehingga tak perlu lagi diragukan kualitasnya," pungkas Balder. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com