Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Menara Pengawas Ini Dirancang Mirip Struktur DNA Manusia

Kompas.com - 08/08/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Menara pengawas Marsk yang berlokasi di Denmark ini memiliki bentuk dan struktur yang unik yakni menyerupai DNA manusia.

Menara ini dirancang oleh studio arsitektur Bjarke Ingels Group (BIG) dan dibuat untuk menarik wisatawan ke daerah tersebut.

Menara ini memiliki tinggi 25 meter dan berlokasi di area Taman Nasional Laut Wadden, Denmark dan merupakan bagian dari Marsk Camp.

Melansir Dezeen, area ini juga dikelilingi oleh tanah rawa dan telah terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Bangunan ini berada di samping restoran dan kafe perkemahan untuk memberikan pemandangan melintasi taman nasional dan keluar menuju Laut Utara.

Baca juga: Perkembangan dan Perubahan Arsitektur Pasca-pandemi

Struktur menara terbuat dari baja Corten dan terlihat seperti tangga bertumpuk. BIG merancang strukturnya mirip dengan struktur DNA yakni memiliki 146 anak tangga ke atas dan 131 anak tangga ke bawah.

Stuktur bagian bawah menara memiliki ukuran luas sebesar 7 meter. Namun semakin ke atas, ukurannya semakin melebar dan di area puncak ukurannya mencapai 12 meter.

Saat pengunjung menaiki 146 anak tangga dan tiba di platform observasi, mereka akan berada di ketinggian 36 meter di atas permukaan laut.

"Ini memberikan perspektif yang benar-benar unik di rawa yang datar dan pemandangan fantastis ke Taman Nasional Laut Wadden," tambah BIG.

Menara DNA ini terbuat dari 300 ton baja Corten yang dibuat oleh perusahaan lokal, Schack Trapper. Dasar menara dibangun menggunakan 250 ton beton.

BIG merupakan studio arsitek yang berad di Denmark dan merupakan salah studio arsitektur paling terkenal di dunia.

Bangunan spiral lainnya yang pernah mereka rancang seperti galeri seni The Twist di Norwegia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com