Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Ikuti Cara Tingkatkan Mood Anak Saat di Rumah Bersama IKEA

Kompas.com - 20/07/2021, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat mengharuskan anak-anak untuk kembali mengerjakan berbagai kegiatan di rumah.

Masa liburan sekolah yang sudah berakhir memaksa anak harus mulai masuk sekolah secara daring. Kondisi ini mengharuskan orang tua meningkatkan mood anak meski beraktivitas dari rumah.

Psikolog Anak Anastasia Satriyo menjelaskan, saat ini orangtua dan guru mulai mengalami kelelahan emosi dan kelelahan dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Hal ini disebabkan karena berbagai faktor seperti ada yang terkena PHK, mendapat potongan upah, atau harus bekerja sekaligus menemani anak sekolah dari rumah.

Baca juga: Biar Anak Semangat Belajar Daring, Ketahui Dekorasi yang Menyenangkan

“Perilaku orang tua ini bisa berpengaruh pada psikologis dan kesehatan mental anak. Karena itu, orang tua wajib memiliki quality time bersama anak agar suasana di rumah menjadi menyenangkan," tutur Anastasia dalam rilis yang dikutip Kompas.com, Selasa (20/07/2021).

Sementara itu, Interior Design Specialist IKEA Indonesia Kiki Ramantoko menambahkan, anak-anak adalah hal yang sangat penting di dunia.

Karena itu, IKEA Indonesia konsisten melakukan berbagai upaya bermanfaat bagi anak Indonesia, khususnya menyambut perayaan Hari Anak pada 23 Juli mendatang.

Sebelumnya, IKEA Indonesia bekerja sama dengan Ganara Art mengadakan Virtual Drawing Class sebagai sarana kegiatan orang tua dan anak yang menyenangkan di rumah.

IKEA Indonesia juga telah melaksanakan Instagram Live bersama Psikolog Anak, Anastasia Satriyo, dan komunitas Parentalk untuk membahas cara meningkatkan mood anak selama beraktivitas di rumah.

Dalam menyambut Hari Anak Nasional, Perusahaan ingin mengajak orang tua untuk bermain dan belajar bersama anak di rumah secara live.

“Agar mood anak tetap terjaga selama berkativitas dari rumah, IKEA Indonesia menghadirkan produk yang terbuat dari material aman serta tahan lama sehingga bisa dapat mendukung tumbuh kembang anak dari tahun ke tahun,” ujar Kiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com