Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jendela Menentukan Kecantikan Dapur Anda

Kompas.com - 20/05/2021, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Editor

Sumber Houzz

KOMPAS.com - Dapur hanya dipandang dari fungsinya sebagai tempat untuk menyiapkan makanan. Karena itu, dekorasi dapur pun terbatas.

Padahal, jika Anda menghabiskan banyak waktu di dapur, tidak ada salahnya mempertimbangkan estetika di ruangan tersebut.

Berikut ini beberapa ragam penempatan jendela dapur yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Meski tampak sederhana, menempatkan jendela dapur di posisi yang tepat mampu menambah cantik dapur Anda!

Jendela dapur di atas sink

Dinding yang ada di atas sink bisa menjadi lokasi klasik untuk menaruh jendela dapur. Meski sudah biasa, namun efeknya tetap istimewa.

Terlebih, jika jendela ini mengarah pada pemandangan luar rumah yang Indah. Tentu saja, menikmati pemandangan sembari mengerjakan pekerjaan rumah mampu mengurangi tingkat stres Anda.

Menggantikan upper cabinetry

Ilustrasi dapur minimalis. DOK. Shutterstock Ilustrasi dapur minimalis.
Selain menempatkan jendela di satu titik, yaitu di atas sink dapur, Anda juga bisa menggunakan jendela sebagai pengganti upper cabinetry.

Ketersediaan ruang penyimpanan di dapur untuk menyimpan persediaan makanan dan peralatan memasak memang menjadi salah satu perhatian pemilik rumah.

Maka, jika berpikir ingin mengurangi lemari dapur atau kitchen cabinet dan menggantikannya dengan jendela dapat mengurangi ruang penyimpanan, sebaiknya Anda mencontoh cara ini.

Alih-alih menggunakan upper cabinetry atau lemari dapur yang ditaruh di dinding bagian atas dapur, Anda bisa membuat lemari berukuran besar di sisi lain dapur.

Cobalah membuat lemari dapur floor-to-ceiling.

Namun, jika enggan menyingkirkan lemari dapur, Anda juga bisa menempatkan jendela di sepanjang dapur atau di salah satu bagian dapur.

Tepatnya, di dinding antara permukaan meja dapur (kitchen counter) dan lemari dapur bagian atas (upper kitchen cabinet) Anda. Dalam hal ini, jendela memiliki fungsi ganda sebagai backsplash.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com