Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Bendungan Way Sekampung Tuntas Juli 2021

Kompas.com - 28/01/2021, 11:55 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, telah mencapai 80,75 persen.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Abdul Muis mengatakan hal itu dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (27/1/2021).

Bendungan Way Sekampung dengan progres saat ini mencapai 80,75 persen dan ditargetkan selesai Juli 2021,” ucap dia.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik per detik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55,373 hektar.

Selain itu, air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Baca juga: Konstruksi Bendungan Meninting Lombok Barat Baru 6,5 Persen

Manfaat lain Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro.

Kemudian, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik dan berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 megawatt (MW).

Konstruksi Bendungan Way Sekampung terbagi menjadi 4 paket yaitu paket 1 dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dengan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 923 miliar.

Kemudian, paket 2 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 863,8 miliar.

Sedangkan untuk paket 3 dikerjakan PT PP (Persero) Tbk dan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 152,8 miliar, serta paket 4 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp 135 miliar.

Selain Bendungan Way Sekampung, Kementerian PUPR juga membangun Bendungan Margatiga yang saat ini sudah mencapai 56 persen.

Pembangunan Bendungan Margatiga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas jaringan irigasi dari aliran Sungai Way Sekampung agar terintegrasi dengan Bendungan Way Sekampung.

Bendungan dengan kapasitas tampung 147,94 juta meter kubik di hilir Sungai Way Sekampung ini diproyeksikan akan mengairi lahan irigasi seluas 16.588 hektar.

Selain itu, dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku di Lampung Timur sebesar 0,83 meter kubik per detik.

Bendungan Margatiga merupakan tipe urugan dengan tinggi mencapai 28,75 meter, panjang puncak 321,76 meter, lebar puncak 7 meter, serta memiliki luas genangan 2.137 hektar.

Konstruksi bendungan Margatiga dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Adapun, nilai kontrak dari pembangunan bendungan ini sebesar Rp 838 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com