Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek di Sini, Progres Terbaru Jakarta International Stadium

Kompas.com - 04/01/2021, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan proyek Jakarta International Stadium telah mencapai 43,1 persen pada minggu ke-70 atau Jumat (25/12/2020) hingga Kamis (31/12/2020).

Capaian progres JIS ini mengalami deviasi positif sebanyak 1,42 persen dari target sebesar 41,6 persen.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan dua lapangan latih di JIS meski pembangunan proyek tersebut baru mencapai 42,1 persen pada pembangunan pekan ke-69.

"Hari ini, Senin tanggal 28 Desember 2020, lapangan latih Jakarta Internasional Stadium (JIS) secara resmi dinyatakan dibuka dan digunakan, terima kasih," ucap Anies dalam konferensi pers virtual, Senin (28/12/2020).

Mengutip laman YouTube Wika Gedung, pekerjaan fisik proyek JIS pada minggu ke-70 sudah masuk pada tahap bekisting plat sisi timur, pekerjaan instalasi plumbing (perpipaan), precast tribun timur, dan bekisting plat sisi selatan. 

Lalu, pekerjaan instalasi kabel tray, precast tribun selatan, bekisting plat sisi barat lantai 3 hingga 8, bekisting plat sisi utara, precast tribun utara, pier head slipform, rangka baja atap, dan assembling rangka baja atap.

Kemudian, area lapangan latihan, bangunan penunjang lapangan latih, ramp timur, serta erection girder (pemasangan balok) ramp barat.

Proyek pembangunan JIS digarap konsorsium WIKA Gedung, PT Jaya Konstruksi Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO).

Adapun anggaran yang digunakan untuk membangun stadion ini senilai Rp 4,08 triliun.

Baca juga: Kabar Terbaru Proyek Jakarta International Stadium

JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan ditargetkan rampung pada tahun 2021 mendatang.

Stadion ini dirancang dengan kapasitas 82.000 penonton, dilengkapi atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Mekanisme buka-tutup atap otomatis ini merupakan yang pertama di Indonesia. Tak hanya itu, terdapat juga sky viewing deck di ketinggian 70 meter.

Beberapa stadion kenamaan dunia juga menerapkan kemampuan serupa, salah satunya Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf untuk lapangannya.

Rumput hybrid turf merupakan percampuran antara rumput alami dan sintetis. Stadion modern ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan yakni lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

JIS juga memiliki beberapa fasilitas tertentu seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, serta ruang ganti mewah.

Demikian halnya dengan fasilitas lainnya, seperti lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang diperuntukan bagi para pemain sepakbola dan 100 bus di lahan parkir.

Di sekitar stadion kelak akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.

Berikut penampakannya yang ditayangkan kanal Youtube Wika Gedung:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com