Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanderol Rp 2,3 Triliun, Rumah 9 Hektar Ini Termahal yang Pernah Dilelang

Kompas.com - 19/11/2020, 14:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rumah dengan nilai 160 juta dollar AS atau Rp 2,3 triliun di Beverly Hills, California, menjadi rumah termahal yang pernah dilelang di dunia.

Properti seluas sembilan hektar dengan nama Villa Firenze ini akan dijual kepada penawar tertinggi yaitu Concierge Auctions pada bulan Desember.

Seorang miliarder sekaligus pemilik rumah ini, Steven Udvar-Hazy, pertama kali mendaftarkan propertinya itu pada 2018 dengan harga 165 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,33 triliun.

"Kami berharap dapat menemukan pemilik seunik real estat ini pada hari lelang," kata Udvar-Hazy dalam sebuah pernyataan seperti dikutip CNBC, Kamis (19/11/2020).

Perkebunan di rumah ini merupakan yang terbesar di North Beverly Park, sebuah komunitas eksklusif yang pernah menjadi kediaman Denzel Washington, Eddie Murphy, Sylvester Stallone, Rod Stewart, dan Kimora Lee Simmons.

Baca juga: Percayalah... Rumah Anda Bisa Secantik Rumah Artis Hollywood!

Luas bangunan rumah ini 20.000 meter persegi, yang mencakup tiga kediaman tamu, 13 kamar tidur, 17 kamar mandi dan delapan kamar mandi tamu.

Arsitek William Hablinski membangun rumah ini selama lima tahun. Dia menggunakan marmer dan batu, serta pintu melengkung dan sejumlah perapian.

Fasilitasnya meliputi kolam renang, rumah billiar, lapangan tenis, dan jalan setapak.

Latar belakang pemilik

Sang pemilik, Steven Udvar-Hazy, merupakan imigran asal Hongaria. Ketika masih muda, dia  dianggap sebagai salah satu pendiri industri penyewaan pesawat.

Steven memulai karirnya dengan mendirikan perusahaan International Lease Finance, yang dijual kepada perusahaan asuransi American International Group pada tahun 1990 seharga 1,3 miliar dollar AS (Rp 183,7 triliun).

Selain itu dia juga merupakan ketua eksekutif Air Lease. Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai 4 miliar dollar AS (Rp 5,4 triliun). 

Rumah termahal yang sebelumnya dijual di pelelangan adalah rumah besar tepi pantai di Hillsboro Beach, Florida.

Properti seluas 30.000 meter persegi yang dikenal sebagai Playa Vista Isle  didaftarkan seharga 159 juta dollar AS (Rp 2,2 triliun) pada tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com