Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duta Besar Jepang Tinjau Proyek MRT Fase II

Kompas.com - 17/09/2020, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Jepang Ishii Masafumi bersama dengan Kepala Perwakilan JICA Indonesia Shinichi Yamanaka dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Syahbandar meninjau situs konstruksi Moda Raya Terpadu (MRT) Jalur Utara-Selatan Fase II Zona Kerja 201.

Pekerjaan konstruksi Zona Kerja 201 telah dilakukan mulai Juni tahun ini dan merupakan bagian pertama di Jalur Utara-Selatan Fase 2.

Pembangunan jalur tersebut yakni, Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Harmoni dan pembangunan bagian dari perpanjangan rel menuju ke Kota yang akan dilanjutkan kemudian.

Ishii menyatakan terkesan dengan proses pembangunan MRT Fase II karena dapat berjalan sesuai dengan jadwal meskipun Pandemi Covid-19 di Indonesia belum mereda.

Baca juga: Bakal Terintegrasi MRT, Sport Center Sumut Dibangun 14 Agustus

"Proyek MRT merupakan simbol, baik bagi persahabatan maupun kerjasama antara Jepang dan Indonesia. Mari kita juga giat bersama-sama agar dapat melawan dan menang dari Covid-19," terang Ishi dalam keterangannya, Kamis (17/9/2020).

Ishi berharap, perpanjangan rel MRT membuat kehidupan masyarakat Jakarta menjadi jauh lebih baik dan mudah.

Sementara itu, William mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah dan lembaga Jepang yang mendukung proyek Fase II MRT.

"Kami berterima kasih kepada Pemerintah dan lembaga Jepang yang telah mendukung pekerjaan proyek MRT Fase II dari Bundaran HI sampai ke Kota," terang William.

Menurut dia, proyek MRT dapat menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk keluar dari krisis dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, pembangunan MRT membutuhkan tiga fase yakni, Fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI), Fase 2A (Bundaran HI-Kota, serta Fase 2B (Kota-Ancol).

Pada Fase I, lintasan proyek ini sepanjang 16 kilometer dengan tipe konstruksi layang dan bawah tanah. Fase ini terdiri dari 19 stasiun dan 1 depo.

Kemudian pada Fase 2A, lintasan proyek ini sepanjang 5,8 kilometer dengan tipe konstruksi bawah tanah. Fase tersebut terdiri dari 7 stasiun.

Sementara pada Fase 2B, lintasan proyek ini sepanjang 6 kilometer dengan tipe konstruksi layamg yang terdiri dari 12 stasiun dan 1 depo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com