Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertema "New Blood", Taobao Maker Festival Sasar Generasi Z

Kompas.com - 19/08/2020, 13:04 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform situs e-commerce terbesar di China besutan Alibaba Group, Taobao, resmi menyelenggarkan acara Taobao Maker Festival (TMF) dengan tema "New Blood".

Acara tersebut resmi diselenggarakan sejak 30 Juli hingga 20 Agustus 2020.

Rangkaian acara tahunan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung kreativitas para kreator muda dan pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Acara telah memasuki perhelatan kelimanya yang dikenal sebagai festival perayaan inovasi dan kreasi anak muda terbesar di China dan dunia.

Tak kalah dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya, TMF juga memiliki cara dan keunikan tersendiri dengan memberikan motiviasi dan inspirasi bagi anak muda China, terutama kalangan Generasi Z (Gen-Z).

Demi menarik Gen Z untuk mengikuti TMF, Taobao, mengemas dengan menghadirkan berbagai macam hiburan seperti, bazaar offline, konser musik, pameran teknologi, serta peragaan busana.

Sebagaimana diketahui, terjadi peningkatan transaksi sebesar Rp 2,7 miliar dibandingkan tahun sebelumnya (secara tahunan) pada pembeli dengan rentang usia 20 hingga 29 tahun.

Selain itu, mayoritas pengguna Taobao adalah pembeli yang lahir pada tahun 1990-an.

Baca juga: Meski Ada Pandemi Covid-19, Pendapatan Alibaba Naik 35 Persen

Menurut Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung, pergeseran tersebut menunjukkan, tren di masa depan akan didominasi oleh para konsumen muda.

Tak hanya konsumen di usia belia, para kreator muda pun juga akhirnya melihat celah untuk bergabung ke Taobao dan mendirikan toko sendiri.

“Para kreator muda adalah generasi yang akan membentuk masa depan kita," kata Chris dalam siaran pers, Selasa (19/8/2020).

Oleh karena itu, kata Chris, mereka ingin memperkenalkan hasil karya dengan berinteraksi dengan orang yang memiliki minat sama.

Acara TMF juga diikuti dengan menggabungkan pengalaman gamifikasi dan berbelanja lebih jauh melalui fitur Taobao Life.

Fitur yang terdapat dalam platform Taobao memungkinkan pengguna dapat membuat dan menghias avatar masing-masing, mengumpulkan poin untuk berbelanja, serta mengumpulkan barang khusus TMF 2020.

Acara TMF tahun ini diikuti oleh lebih dari 150 kreator muda dan diharapkan menjadi wadah bagi mereka memamerkan inovasi, berdiskusi, bahkan berkolaborasi untuk menghasilkan sebuah ide baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com