Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Department Store Berusia 118 Tahun Ini Bangkrut

Kompas.com - 05/06/2020, 15:40 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beroperasi selama lebih dari satu abad atau 118 tahun, JC Penney, resmi menyatakan bangkrut.

Perusahaan ini terpaksa mengibarkan "bendera putih" ditandai dengan penutupan 154 toko di 20 negara bagian di Amerika Serikat.

Penutupan permanen toko tersebut akan dilakukan secara serentak mulai Jumat (12/6/2020) mendatang.

Salah satu department store terbesar dan legendaris tersebut mengalami kesulitan keuangan sebagai dampak Pandemi Covid-19.

JC Penney mengajukan perlindungan kebangkrutan mengacu pada Pasal 11 untuk meminta relaksasi pembayaran utang kepada Pengadilan Tinggi Amerika Serikat.

CEO JC Penney Jill Soltau mengatakan, penutupan permanen toko dilakukan untuk meringankan beban utang dan mengoptimalisasi toko yang masih dibuka.

"Kami berharap setelah pandemi ini (Covid-19) dapat setia melayani pelanggan untuk beberapa dekade mendatang," kata Jill seperti dikutip dari CNN Business, Jumat (5/6/2020). 

Sebelumnya, JCPenny telah membuka 500 tokonya di beberapa lokasi pada saat yang sama ketika mengajukan kebangkrutan pada Mei lalu.

Department store ini juga dilaporkan masih mempekerjakan 90.000 karyawan tetap dan paruh waktu di beberapa lokasi.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti berapa banyak pekerja terdampak akibat penutupan toko tersebut.

Baca juga: Sejumlah Mal Siap Dibuka Kembali 15 Juni 2020

JC Penney memiliki total 860 toko di seluruh negara bagian Amerika Serikat. 

Adapun rincian 154 toko yang ditutup permanen, Alabama 4 toko, Arizona 3 toko, Arkansas 4 toko, California 8 toko, Colorado 4 toko, Connnecticut 1 toko, Florida 9 toko, dan Georgia 7 toko.

Kemudian, Idaho 2 toko, Illionois 5 toko, Indiana 9 toko, Iowa 2 toko, Kansas 3 toko, Kentucky 6 toko, Lousiana, Maryland, dan Michigan masing-masing 3 toko.

Lalu, Minnesota 4 toko, Missouri dan Mississippi masing-masing 2 toko, Montana, Nebraska, New Mexico masing-masing 1 toko, New York 7 toko, North Carolina 5 toko, Ohio 9 toko, Oklahoma 6 toko, dan Oregon 4 toko.

Selanjutnya, Pennsylvania 5 toko, South Carolina 6 toko, South Dakota 1 toko, Tenessee 6 toko, Texas 7 toko, Utah, Vermont, dan Virginia masing-masing 2 toko, dan Wisconsin 1 toko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com