Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2020, 20:00 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari kedua Lebaran 2020, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 55.776 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Distribusi lalu lintas kendaraan yang menuju Jakarta paling banyak didominasi dari arah Selatan sebanyak 36 persen, dari arah Timur 33,3 persen dan dari arah Barat sebanyak 30,7 persen.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan, jumlah tersebut menurun sebesar 31 persen bila dibandingkan dengan catatan Lebaran 2019.

"Secara rinci, dari arah Selatan jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Ciawi 2 tercatat sebesar 20.085 kendaraan," kata Heru dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Sehari Setelah Lebaran, 37.878 Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota

Dari arah Timur, kendaraan yang menuju Jakarta berasal dari dua GT pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Berdasarkan rincian distribusinya, lalu lintas kendaraan dari GT Cikampek Utama 2 berjumlah 9.446 kendaraan. Angka tersebut menurun sebesar 73 persen dari Lebaran tahun 2019.

Sementara dari arah Timur yang berasal dari GT Kalihurip Utama 2 terdapat 9.147 lalu lintas kendaraan yang menuju Jakarta.

Jumlah ini menurun drastis dibandingkan tahun lalu dengan penurunan turun drastis 80 persen dari Lebaran tahun 2019.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, anjlok 77 persen dibandingkan dengan lalin Lebaran tahun 2019.

Sedangkan dari arah Barat, Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa sebanyak 17.098 kendaraan. Jumlah tersebut menurun sebanyak 59 persen dari Lebaran tahun 2019.

Secara total volume lalu lintas Lebaran yang menuju Jakarta berkurang sebanyak 63 persen, dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019

Terlepas dari penurunan trafik yang signifikan, Jasa Marga tetap mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19.

Selain itu Jasa Marga juga berharap masyarakat dapat membatasi perjalanan, menjaga jarak, mengurangi aktivitas keluar rumah dan hanya keluar di saat kebutuhan mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com