Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Beli Properti di Malaysia Meningkat

Kompas.com - 14/05/2020, 07:00 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 juga telah mewabah di Malaysia, namun indeks harga properti di negara tersebut mengalami peningkatan pada Kuartal Pertama 2020.

Ketika Pandemi Covid-19 baru masuk, Malaysia sudah menerapkan Order Kontrol Gerakan (MCO) nasional atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Karena itu, Malaysia juga mengalami perlambatan ekonomi dan bisnis.

Namun, berdasarkan riset PropertyGuru, pasar properti secara keseluruhan semakin menguat pada Kuartal I-2020 dengan kenaikan marjin harga yang cukup baik.

Baca juga: Meski Pasar Terkoreksi, Investor Asing Gerilya Lahan 10 Hektar di Kalimantan

Indeks Pasar Properti Malaysia Kuartal II-2020 melaporkan indeks pasar properti secara keseluruhan menunjukkan peningkatan pada kuartal pertama.

Indeks harga meningkat sekitar 0,63 persen menjadi 89,46, sebelumnya pada Kuartal IV-2019, indeks harga mencapai 88,90.

Kenaikan harga properti di Malaysia saat Covid-19PropertyGuru Malaysia Kenaikan harga properti di Malaysia saat Covid-19

Menurut Country Manager PropertyGuru Malaysia Sheldon Fernandez, hal ini menunjukkan bahwa konsumen Malaysia memandang properti sebagai pilihan mundur untuk menjaga kekayaan di saat krisis.

Sebelumnya, Sheldon memperkirakan pasar properti menurun tajam karena terkena dampak penyebaran pandemi.

Namun, hal tersebut tidak terjadi. Menurut Sheldon, moderasi pertumbuhan harga, serta volume dan nilai transaksi dalam beberapa tahun terakhir, memengaruhi kinerja empat bulan pertama.

"Kenaikan harga yang diminta di daerah metropolitan utama juga dapat dilihat pada kuartal pertama, menunjuk adanya kenaikan minat di daerah ini," ucap Sheldon dikutip Kompas.com  dari PropertyGuru Malaysia Rabu (13/5/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com