Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bangun Rumah Tipe 36 Buat Prajurit TNI AD

Kompas.com - 04/05/2020, 14:04 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah khusus (rusus) tipe 36 sebanyak 45 unit untuk anggota TNI Angkatan Darat (AD) di Kodam Kasuari XVIII di Kabupaten Manowari, Papua Barat.

Kepala Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Phiter Pakabu mengatakan, spesifikasi teknis bantuan rusus tersebut merupakan konsep rumah tumbuh yang bisa dikembangkan dari tipe 36 menjadi tipe 45 atau (kopel 1:2:1) sesuai standar rumah dinas TNI.

Berdasarkan data SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat, bantuan rusus tersebut berada di dua lokasi yakni, Kampung Ullong dan Distrik Warmare.

Baca juga: Masyarakat Papua Barat Terima Rumah Tipe 36 Siap Huni

"Rinciannya, 20 unit dibangun di Kampung Ullong dan diperuntukan bagi anggota TNI yang berdinas di Koramil Kabupaten Pegunungan Arfak," ujar Phiter dalam keterangan yang diterima kompas.com, Selasa (4/4/2020).

Sedangkan, 25 unit sisanya dibangun di Batalyon Infantri 761 Kibibor Akinting di Distrik Warmare.

Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan 45 rusus tersebut sebesar Rp 4,78 miliar.

Sementara itu, Panglima Kodam Kasuari XVIII Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau  menyampaikan terimakasihnya kepada Kementerian PUPR dalam memenuhi kebutuhan hunian bagi para prajurit TNI yang bertugas dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Dia berharap ke depan, Pemerintah dapat memenuhi kebutuhan perumahan layak huni baik berupa rusun maupun rumah tapak bagi prajurit TNI di wilayah Kodam Kasuari XVII.

"Kami siap untuk menyediakan lokasi atau lahan pembangunan perumahan,” kata Joppye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com