Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pemerintah, Ciputra Buka 210 Ruang Isolasi Covid-19

Kompas.com - 17/04/2020, 21:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam semangat mendukung Pemerintah menangani dan menanggulangi Pandemi Covid-19, Ciputra Group secara bertahap membuka 210 ruang isolasi bertekanan negatif di Ciputra Hospital.

Ke-210 ruang tersebut tersebar di Ciputra Hospital CitraGarden City dengan kapasitas 123 tempat tidur, dan 87 tempat tidur di Ciputra Hospital CitraRaya.

Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menurutkan, pembukaan ruang isolasi khusus pasien covid-19 ini dilakukan sejak 17 Maret 2020.

Baca juga: Ciputra Rilis Apartemen TOD Rp 300 Jutaan di Jakarta Timur

Ruang isolasi bertekanan negatif tersebut dilengkapi fasilitas medis, tim medis dengan alat pelindung diri (APD) di area terpisah dari pasien umum lainnya.

"Fasilitas ini sudah dibuka untuk umum dan beroperasi secara bertahap," kata Budiarsa dalam keterangan kepada Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Budiarsa melanjutkan, dalam membangun ruang isolasi ini tim manajemen yang dibentuk pada 24 maret 2020, mengacu kepada Pedoman Teknis Bangunan dan Prasarana Ruang Isolasi Penyakit Infeksi Emerging (PIE).

Ciputra Group menyediakan 210 ruang khusus pasien Covid-19 di Ciputra HospitalCiputra Group Ciputra Group menyediakan 210 ruang khusus pasien Covid-19 di Ciputra Hospital
Mereka bertugas melakukan persiapan merenovasi ruangan, sarana dan prasarana bagi perawatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien terinfeksi Covid-19.

Standar pelayanan khusus juga diterapkan secara ketat terhadap seluruh pasien dalam rumah sakit mulai dari kebersihan tangan, dan kelengkapanAPD mulai level 1 sampai 3.

Kemudian penyemprotan disinfektan, sterilisasi alat untuk merawat pasien, pengendalian lingkungan (internal dan eksternal), penatalaksanaan linen, penatalaksanaan limbah medis dan penempatan pasien.

Manajemen pun menerapkan Kewaspadaan Umum dan Kewaspadaan Berbasis Transmisi, mulai dari Transmisi Kontak, Transmisi Percikan (droplet) dan Transmisi Udara (airborne) dalam persiapan Gedung/Fasilitas Khusus perawatan PDP/pasien Covid-19.

Menurut Budiarsa, inilah saatnya Ciputra Group berbuat lebih banyak bagi masyarakat dan membantu Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com