Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Sehat

Kompas.com - 15/03/2020, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja memastikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kondisi sehat.

Endra meluruskan kabar yang beredar di media sosial yang menyebutkan Basuki tengah dikarantina, menyusul diumumkannya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang positif terjangkit virus Corona (Covid-19).

Basuki dikhawatirkan ikut tertular virus Corona, karena pada Rabu (4//3/2020) bersama Budi Karya meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dibangun PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"Tidak betul (dikarantina). Beliau ada di rumah dinas dalam keadaan sehat walafiat," tegas Endra menjawab Kompas.com, Sabtu (14/3/2020) malam.

Baca juga: Budi Karya Positif Corona, Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Menhub Ad Interim

Endra melanjutkan, dirinya masih berkomunikasi dengan Basuki sejak pagi hingga malam hari untuk membicarakan berbagai urusan pekerjaan menyangkut bidang PUPR.

Tak hanya Basuki, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil pun dikabarkan ikut dikarantina menyusul pertemuannya dengan Budi Karya saat rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (11/3/2020).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil duduk bersebelahan, menghadiri rapat terbatas Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertanahan, Rabu (11/4/2020).Youtube Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil duduk bersebelahan, menghadiri rapat terbatas Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertanahan, Rabu (11/4/2020).

Rapat terbatas mengenai Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pertanahan di Sumatera Utara itu digelar di Kantor Presiden, Jakarta. 

Tampak Sofyan duduk bersebelahan atau di sisi kanan Budi Karya yang tengah berbincang dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Sementara di sisi kiri Sofyan, duduk Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati, Sofyan tidak dikarantina dan negatif terjangkit virus Corona (Covid-19).

Yulia menjelaskan, Sofyan telah melakukan uji kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada Sabtu (14/3/2020).

"Pak Menteri ATR/Kepala BPN sudah melakukan test hari ini di RSPAD dan hasilnya negatif, terima kasih," kata Yulia menjawab Kompas.com.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan terjangkit virus Corona (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Awalnya wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya menjelaskan adanya pejabat pemerintah yang positif virus corona dengan nomor identitas pasien 76.

Lalu Pratikno yang mendampinginya mengonfirmasi bahwa pejabat yang dimaksud adalah Budi Karya.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh kepala RS tadi adalah Pak Menhub," kata Pratikno.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com