Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fantastis, Nilai 5 Proyek Infrastruktur Baru yang Ditawarkan Rp 62 Triliun

Kompas.com - 11/03/2020, 15:44 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar penjajakan minat pasar atau market sounding  kepada para calon investor untuk lima proyek sekaligus.

Kelima proyek tersebut adalah teknologi transaksi pembayaran tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF), Tol Layang Cikunir-Karawaci, Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg, dan Tol Bogor-Serpong via Parung, dan Jalan Nasional Lintas Nasional Timur Sumatera di Provinsi Riau.

Kementerian PUPR menawarkan lima proyek tersebut dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca juga: Rabu Pagi, Market Sounding KPBU Sistem Pembayaran Tol Nirsentuh

Menurut Kepala Badan Koordinasi Penamaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, penjajakan minat pasar kepada investor diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur Indonesia di tengah kondisi ekonomi yang lesu.

“Saya harapkan saat ekonomi kita lesu, infrastruktur ini yang harus dikedepankan. Karena, salah satu dari investasi tertinggi (Indonesia) adalah infrastruktur,” ucap Bahlil di Kementerian PUPR, Rabu (11/3/2020).

Sementara itu, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto menyebutkan, total investasi yang ditawarkan sekitar Rp 62 triliun.

Rinciannya, implementasi teknologi transaksi pembayaran tol nirsentuh MLFF membutuhkan investasi Rp 2,923 triliun untuk trase sepanjang 1.713 kilometer.

Kemudian, Jalan Tol Layang Cikunir- Karawaci senilai Rp 26,15 triliun, preservasi Jalan Nasional Lintas Nasional Timur Sumatera di Provinsi Riau Rp 585,3 miliar.

Adapun Jalan Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg dengan nilai Rp 23,16 triliun, dan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung Rp 9,077 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com