Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marubeni Akuisisi Saham Siloam 5 Persen

Kompas.com - 26/02/2020, 09:46 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Marubeni Corporation mengakuisisi lima persen saham PT Siloam International Hospitals Tbk.

Pengambilalihan saham ini sebagai bentuk kemitraan strategis untuk mengejar peluang bisnis di sektor layanan kesehatan beserta infrastrukturnya, termasuk investasi di farmasi, laboratorium dan industri lainnya yang terkait dengan layanan kesehatan.

Akuisisi saham Siloam oleh Marubeni berasal dari pemegang saham minoritas sehingga kepemilikan PT Lippo Karawaci Tbk di Siloam tetap tidak berubah.

Kemitraan ini memvalidasi posisi Siloam sebagai pemimpin pasar dalam sektor layanan kesehatan.

Baca juga: RS Siloam Bantah Tudingan Penyebab Amblesnya Jalan Raya Gubeng

Siloam didirikan pada tahun 1996 dan merupakan operator rumah sakit swasta terbesar di Indonesia dengan lebih dari 13.000 dokter dan perawat, 36 rumah sakit, dan 7.557 tempat tidur di seluruh Indonesia.

Chief Operating Officer dari Divisi Bisnis Next Generation Marubeni Masayuki Omoto mengatakan, akuisisi ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran Marubeni di Indonesia dan berharap kemitraan jangka panjang dengan Lippo dan Siloam.

"Kami sangat senang dapat berperan serta dalam menumbuhkan dan meningkatkan sektor layanan kesehatan di Indonesia," kata Masayuki dalam keterangan kepada Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Chief Executive Officer Lippo Karawaci John Riady menambahkan, layanan kesehatan dan Siloam adalah bisnis inti perseroan.

"Kami menyambut baik kemitraan dengan Marubeni. Kami berharap dapat terus mengembangkan bisnis serta meningkatkan layanan kesehatan untuk semua orang Indonesia," ujar John.

Marubeni adalah konglomerat bisnis perdagangan dan investasi yang terintegrasi dan terkemuka di Jepang.

Pada bulan April 2019, Marubeni mendirikan Divisi Pengembangan Bisnis Next Generation dengan misi mengejar model bisnis baru yang dapat memberikan solusi atas masalah-masalah sosial, dan meningkatkan nilai korporasi dalam jangka panjang menuju tahun 2030.

Investasi di Siloam dan kemitraan strategis dengan Lippo Karawaci merupakan landasan bagi ekspansi Marubeni ke dalam sektor layanan kesehatan dan infrastrukturnya di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com