Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2020, 12:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), direncanakan menjadi tuan rumah dua kegiatan internasional pada tahun 2023 mendatang.

Dua kegiatan berskala internasional itu yakni Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan ASEAN Summit.

Untuk mempersiapkan kegiatan akbar itu, Pemerintah Provinsi NTT bersama sejumlah pihak terkait, menggelar rapat rencana kerja pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tana Naga Mori di ruang rapat Bupati Manggarai Barat, Kamis (13/2/2020).

Baca juga: Jokowi Sebut Investor Uni Arab Emirat Bakal Tanam Modal di Labuan Bajo

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi Rapat memimpin rapat yang juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan PT INdonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Edwin Darmasetiawan.

Edwin memaparkan, dalam rangka Persiapan menuju G-20 dan selanjutnya ASEAN Summit 2023, akan dibangun dua hotel bintang lima di Tana Naga Mori, Labuan Bajo.

Pembangun hotel bintang lima melengkapi status Labuan Bajo berstatus sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas di Indonesia.

"Selain hotel, akan dibangun juga dua kawasan villa," imbuh dia.

Masing-masing kawasan vila itu memiliki 15 unit villa, satu hotel bintang empat, dan satu convention hall dengan kapasitas 2.000 orang, dan dilengkapi dermaga.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, secara tegas menyebut tenaga kerja asal NTT harus dapat diberdayakan secara maksimal, dalam kaitannya dengan KEK serta Persiapan G20 dan ASEAN Summit di Labuan Bajo.

Baca juga: Dukung Destinasi Labuan Bajo, Kementerian PUPR Bikin Jalan Lebih Mulus

Karena itu, diperlukan peran penting baik dari pemerintah maupun swasta, untuk melatih terus menerus secara intensif dan berkelanjutan, sehingga tenaga kerja asal NTT mempunyai kualitas yang mumpuni dan siap pakai.

"Khususnya dalam mendukung sektor pariwisata. Hal tersebut akan berdampak positif bagi penyerapan tenaga kerja lokal sehingga dapat memangkas angka pengangguran," ujar Josef.

Josef mengaku ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo, untuk memantau pembangunan pengembangan pariwisata Labuan Bajo.

Dia pun mengajak dan menekankan semua pihak terkait agar fokus bekerja sama untuk membangun Labuan Bajo secara optimal.

Karena Labuan Bajo telah disetujui atau direkomendasikan langsung oleh Presiden Jokowi menjadi tuan rumah perhelatan sejumlah agenda Internasional.

“Tahun 2023, kita akan jadi tuan rumah G20 dan ASEAN Summit. Tidak main-main, seluruh pemimpin negara di dunia datang ke Labuan Bajo.Tidak datang ke Jakarta," imbuh dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com