Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Underpass Terpanjang di Indonesia Siap Diresmikan Presiden Jumat Sore

Kompas.com - 30/01/2020, 16:48 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dijadwalkan meresmikan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (31/1/2020).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII (Jawa Tengah-DIY) Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi memastikan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

"Iya, peresmian akan dilakukan oleh Pak Presiden (Jokowi) dan Pak Basuki (Menteri PUPR) besok pukul 14.30,” ucap Akhmad.

Baca juga: Jelang Uji Coba, Begini Persiapan Keamanan Underpass NYIA

Pembangunan konstruksi underpass terpanjang di Indonesia ini sudah dilakukan sejak 18 November 2018 oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT MCM dalam waktu 13 bulan.

Underpass YIA dibangun sepanjang 1,4 kilometer yang terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat masing masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

Sementara lebarnya mencapai 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter, dan samping 18,4 meter.

Underpass NYIA tersebut menghubungkan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dengan Provinsi DIY.

Jalan bawah tanah tersebut dibangun untuk mempertahankan eksistensi Ruas Jalan Nasional Pantai Selatan Jawa (Pansela). Hal tersebut karena Bandara Kulonprogo memotong jalan Pansela lama.

Untuk akses keamanan, Underpass YIA dilengkapi dengan delapan buah pintu darurat atau emergency exit yang berada di sisi kanan dan kiri terowongan.

Tak hanya itu, aspek keamanan lain yang juga menjadi perhatian adalah jalan bawah tanah dilapisi waterstop yang terbuat dari karet pada dinding dan lantai yang bertujuan untuk mengantisipasi banjir.

Sebagai tambahan, Underpass YIA juga dilengkapi dengan jalur pembuangan serta pompa air untuk mengantisipasi adanya genangan air saat turun hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com