Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Lebaran 2020, Peningkatan Kapasitas Tol Jagorawi Rampung

Kompas.com - 28/01/2020, 18:24 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Metropolitan Tollroad memastikan pekerjaan pemeliharaan dan peningkatan kapasitas jalan Tol Jagorawi, selesai sebelum Lebaran 2020.

Pemelihaaraan dan peningkatan kapasitas jalan dilakukan untuk mengurai kepadatan di exit toll Cibubur dari arah Jakarta dan dalam rangka memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), 

Salah satu pekerjaan yang saat ini sedang dipercepat penyelesaiannya adalah penambahan kapasitas Gerbang Tol (GT) Cibubur 1.

Baca juga: Kampanye Zero ODOL Akan Dilakukan Bertahap

Lokasi pekerjaan penambahan kapasitas berada i KM 12+625 sampai dengan KM 13+575, pekerjaan telah dimulai sejak tanggal 11 Desember 2019 dan target penyelesaian pada awal April 2020.

Marketing and Communication Department Head PT Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan, selama pekerjaan berlangsung, semua lajur dapat digunakan, kecuali bahu jalan karena ada penyempitan untuk pengamanan lalu lintas.

Menurut Irra, selain pekerjaan penambahan kapasitas GT Cibubur 1, di ruas Tol Jagorawi juga tengah dilaksanakan pekerjaan pemeliharaan jalan berupa rekonstruksi sepanjang 1,9 kilometer.

Rekonstruksi jalan dilakukan mulai KM 15 sampai dengan KM 24, yang telah dicanangkan pada awal tahun ini dan target penyelesaian adalah 22 Februari 2020.

"Pelaksanaan pekerjaan rekonstruksi ini merupakan program rutin yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan performa jalan yang baik bagi pengguna jalan," kata Irra, Selasa (28/1/2020).

Untuk mengantisipasi penyempitan atau gangguan jalur yang terjadi akibat pekerjaan, Jasamarga Metropolitan Tollroad menyiapkan rambu-rambu pengamanan, dan menyiagakan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan.

Selain itu bekerja sama dengan Kepolisian melaksanakan rekayasa lalulintas yang dibutuhkan secara situasional.

"Kami mengimbau pengguna jalan tetap berhati-hati memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," tuntas Irra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com