Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencakar Langit Paling "Langsing" di Dunia Segera Rampung

Kompas.com - 12/01/2020, 17:49 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gedung Empire State, Gedung Art Deco Chrysler, atau One World Trade Center merupakan bangunan terkenal yang berada di pusat Kota New York. Kota ini merupakan rumah bagi gedung-gedung pencakar langit ikonik di dunia.

Selain gedung-gedung tersebut, wilayah ini bakal menambab bangunan ikonik lainnya, yakni 111 West 57th Street.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Mewah Super Sleek Karya Hadivincent

Pembangunan 111 West 57th Street atau juga dikenal sebagai Menara Steinway hampir rampung.

Gedung yang berada di Manhattan, New York, ini disebut sebagai bangunan paling langsing di dunia. Betapa tidak, tinggi bangunan mencapai 24 kali dari lebarnya.

"Sebuah menara bisa sangat tinggi, tetapi tidak ramping, dan (menara) itu bisa menjadi ramping namun tidak tinggi," sebut laman New York's Skyscraper Museum.

111 West 57th Street terletak di ujung selatan Central Park di daerah yang dikenal sebagai Billionaires 'Row. Area ini merupakan rumah bagi beberapa proyek real estat paling mahal.

Menara Steinway dibangun setinggi 433 meter dengan 91 lantai. Uniknya, setiap lantai hanya terdiri dari satu hunian. Setiap unitnya dipatok 238 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,2 triliun.

Gedung yang diperkirakan rampung pada tahun 2020 tersebut dikembangkan oleh JDS Development Group, Property Markets Group, dan Spruce Capital Partners, serta dirancang oleh SHoP Architects.

111 West 57th Street berada di atas Steinway Hall yang bersejarah, yang dibangun oleh perusahaan piano Steinway & Sons dan dibuka pada tahun 1925.

Sembari membangun gedung, pengembang juga melakukan restorasi terhadap eksterior dan interior gedung bersejarah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com