Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Bank Sumut, SMF Salurkan Pembiayaan KPR Rp 100 Miliar

Kompas.com - 02/01/2020, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bersama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara atau Bank Sumut, menjalin kerja sama pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) senilai Rp 100 miliar.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dan Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo, di Kantor SMF, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, tujuan kerja sama pembiayaan KPR ini adalah untuk mendukung percepatan Program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah, khususnya di daerah Sumatera Utara.

Baca juga: SMF Kucurkan Pinjaman Subordinasi untuk BTN Rp 3 Triliun

Kerja sama ini juga merupakan bagian dari upaya SMF dalam mendorong percepatan realisasi penyaluran KPR Bank Pembangunan Daerah (BPD) di daerah-daerah.

Ananta mengharapkan kerja sama ini dapat lebih optimal sehingga kebutuhan perumahan dapat terpenuhi.

"BPD sendiri memiliki keunggulan dengan pangsa pasarnya yakni para ASN dan pegawai BUMD. Selain itu, BPD cenderung lebih mengenal karakteristik masyarakat di daerahnya masing-masing," kata Ananta dalam keterangan tertulis, Kamis (2/1/2020)

Bank Sumut merupakan salah satu mitra strategis SMF. Sejak tahun 2015 hingga saat ini SMF telah mengalirkan dana pembiayaan KPR kepada Bank Sumut sebesar total Rp 568 miliar.

Terkait Program Pembiayaan KPR, hingga saat ini SMF telah bekerja sama dengan 14 BPD dengan total pembiayaan KPR yang sudah dialirkan mencapai Rp 5,1 triliun.

“SMF akan terus melakukan upaya kerjasama baik kepada BPD yang saat ini telah menjadi mitra, mau pun yang belum, melalui program pembiayaan serta peningkatan kapasitas penyaluran KPR BPD,” ungkap Ananta.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com