Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ruas Tol Dalam Kota Gratis hingga Kamis Pukul 12.00 WIB

Kompas.com - 01/01/2020, 21:39 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan memberlakukan pembebasan tarif di dua ruas tol dalam kota, yakni Tol Cawang-Grogol-Tomang dan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga-Pluit.

Dua tol ini masing-masing dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk.

Pembebasan tarif dua ruas tol dalam kota tersebut diberlakukan mulai Rabu (1/1/2020) pukul 18.00 WIB hingga Kamis (2/1/2020) pukul 12.00 WIB.

Hal ini menyusul musibah banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya yang disebabkan tingginya curah hujan sejak Selasa (31/12/2019).

Dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan bahwa pembebasan tarif jalan tol merupakan wujud kompensasi Pemerintah dan BUJT untuk masyarakat.

"Pembebasan biaya penggunaan jalan Tol Dalam Kota yang terdampak banjir merupakan inisiatif Pemerintah dan BUJT sebagai wujud kompensasi kepada masyarakat," terang Danang.

Baca juga: Jakarta Banjir, Pemerintah Gratiskan Tol Dalam Kota

Pembebasan biaya penggunaan jalan tol tersebut berlaku sambil menunggu perkembangan kondisi lapangan hingga banjir dan genangan di jalan tol surut.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, sebelum pembebasan tarif Jasa Marga telah melakukan sejumlah upaya seperti penyedotan air dengan pompa, menyiagakan rambu, serta melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan.

"Selaku operator jalan tol, kami terus berupaya agar pengguna jalan tol tetap merasa aman dan nyaman dengan melakukan penyedotan di beberapa titik genangan air, penyiagaan rambu dan petugas hingga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan," tutur Desi.

Senada dengan Desi, Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Djoko Sapto menyampaikan akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan.

"Kami juga terus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan," ujar Djoko.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com