Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Titik-titik Macet di Jabodetabek saat Libur Nataru

Kompas.com - 19/12/2019, 19:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) semakin dekat. Untuk itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk merilis lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan khususnya di area Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Divisi Jasa Marga Regional Jabodetabek Jabar Reza Febriano mengatakan, perkiraan lokasi kepadatan saat arus mudik ada di beberapa titik, yakni di Gerbang Tol (GT) Cengkareng, Simpang Susun (SS) Pluit atau Penjaringan.

Selain itu, lokasi lain yang berpotensi mengalami kemacetan saat arus mudik adalah SS, Tomang arah timur, SS Cawang, GT Bitung.

Baca juga: Kepadatan Lalu Lintas Selama Nataru Bakal Lebih dari 4 Juta Kendaraan

Kemudian untuk arus balik, perkiraan kepadatan kendaraan diperkirakan ada di GT Halim, GT Kapuk, dan GT Tol Tomang.

Potensi kepadatan juga berada di lokasi wisata antara lain TMII, Ciawi, dan Ancol.

Reza menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan di jalan tol, pihaknya menyediakan petugas di lokasi rawan dan melakukan pembatasan kegiatan pekerjaan dan konstruksi di ruas tol hingga 2 Januari 2020.

Lalu untuk mengantisipasi kepadatan di rest area, akan dilakukan rekayasa sirkulasi lalu lintas di dalam tempat peristirahatan tersebut.

"Ada beberapa rekayasa yang sudah kami siapkan. Di SS Tomang biasanya untuk kendaraan dari Merak kemudian Tangerang lalu menuju ke arah Jakarta, bilamana ada kepadatan maka GT Tomang akan ditutup dulu, lalu dialihkan ke traffic light Tomang," jelas Reza dalam Konferensi Pers Kesiapan Jasa Marga Menghadapi Libur Nataru, Kamis (19/12/2019).

Selain itu, di SS Pluit dan Cawang akan ditempatkan petugas guna megurai kepadatan. Dia menambahkan, pengelola juga akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

Kemudian menambah personil untuk membantu pengendara saat tapping kartu elektronik serta menambah jumlah mobile reader di setiap gerbang.

Meski demikian, Reza mengimbau pengguna jalan untuk beristirahat ketika merasa lelah. Ini karena titik lelah mulai terjadi saat pengemudi melakukan perjalanan selama 3-4 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com