Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Mini Zoo"di Rest Area 360 Tol Batang-Semarang

Kompas.com - 07/12/2019, 16:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Tempat istirahat atau rest area di jalan tol, kini bukan lagi sekadar area transit pengendara untuk rehat melepas lelah setelah menempuh perjalanan panjang.

Rest Area sudah mengalami perubahan makna, fungsi, kelengkapan fasilitas, dan juga secara fisik dan visual lebih atraktif.

Satu yang menonjol adalah Rest Area 360 di jalur B Jalan Tol Batang-Semarang, yang dikembangkan secara sinergis oleh PT Jasa Marga Related Business (JMRB), PT Perkebunan Nusantara IX, PT PP Properti (Persero) Tbk, dan PT PP Konstruksi (Persero) Tbk.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Rest Area 360 Raih Rekor MURI

Direktur Utama PT Jasamarga Rest Area Batang (JRB) Irwan Artigyo Sumadio menuturkan, konsep Rest Area 360 dirancang secara khusus untuk mengakomodasi peritel-peritel lokal agar lebih berdaya saing, dan juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat pengguna tol.

"Karena itu, konsep Rest Area 360 memiliki kekhususan seperti green rest area (ramah lingkungan) karena ada pengolahan sampah plastik, dan sampah organik, serta yang terpenting adalah fasilitas yang mendukung pengembangan usaha pariwisata kuliner dan atraksi di sepanjang Tol Batang-Semarang," tutur Irwan kepada Kompas.com, Sabtu (7/12/2019). 

Tak hanya itu, menurut Irwan, keistimewaan lainnya adalah terdapatnya Mini Zoo atau Kebun Binatang Mini yang dikerjasamakan dengan Taman Safari Indonesia (TSI).

Hewan-hewan yang dihadirkan lebih kepada upaya mendukung edukasi dan pengenalan hewan yang hidup di Indonesia, terutama dari keluarga unggas. 

"Hewan jinak yang akan kami perkenalkan dan edukasi kepada masyarakat," ucap Irwan.

Area Mini zoo ini dialokasikan seluas 2.000 meter persegi dari total keseluruhan Rest Area 360 seluas 7,6 hektar.

Selain kebun binatang mini, JRB juga melengkapi Rest Area 360 ini dengan 51 fasilitas lainnya yang menjadikannya meraih rekor MURI dengan fasilitas terlengkap.

Fasilitas-fasilitas itu antara lain fasilitas penunjang untuk kebutuhan kaum difabel dan lansia, toilet difabel dan lansia, bengkel 24 jam, pujasera, area ritel yang diisi 36 usaha mikro kecil menengah (UMKM) lapangan futsal, kolam, panggung hiburan, dan lain sebagainya.

Untuk membangun Rest Area 360, JRB mengalokasikan dana investasi senilai Rp 70 miliar dengan komposisi JMRB sebesar 65 persen, PT Perkebunan Nusantara IX sebesar 8 persen dan PT PP Konstruksi (Persero) Tbk dan PT PP Properti (Persero) Tbk 27 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com