Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modern Halal Valley Gandeng Kerjasama dengan 4 Bank Syariah

Kompas.com - 16/11/2019, 18:33 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Modern Industrial Estat, anak usaha PT Modernland Realty Tbk., menggandeng kerjasama dengan empat Bank Syariah, yakni Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Muamalat Indonesia.

Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat, mengatakan kerjasama tersebut dilakukan untuk mendorong pengembangan lahan industri halal Modern Halal Valley di ModernCikande Industrial Estate (MCIE), Serang, Banten.

Pada kesempatan itu Modern Industrial juga melakukan kerjasama dengan Barakah Taiwan Halal Hub yang merupakan kawasan untuk produk-produk halal terbesar di Taiwan.

"Ini salah satu cara untuk membentuk ekosistem halal di Indonesia. Lewat dengan perbankan syariah, pembiayaan kawasan halal dapat terakomodir dengan baik, karena para investor dapat lebih nyaman berinvestasi di kawasan industri halal," ujar Pascall, Sabtu (16/11/2019).

Dia berharap, tujuan kerjasama dengan perbankan syariah juga untuk menciptakan sinergi terkait dengan peningkatan pertumbuhan industri halal di Indonesia, terutama melalui skema pembiayaan perbankan syariah. Kerjasama itu mencakup pemanfaatan produk-produk dan jasa perbankan syariah.

"Konsumen bisa memakai produk perbankan syariah untuk memperlancar pembiayaan ataupun pemanfaatan jasa perbankan lainnya yang kedepannya akan memudahkan konsumen untuk mengembangkan usahanya," papar Pascall.

Sementara itu, alasan kerjasama dengan Barakah Taiwan Halal Hub, menurut Pascall, karena kawasan halal Taiwan merupakah satu kawasan halal terbesar di Asia dan banyak menghasilkan produk-produk halal yang sudah menjadi komoditi utama di negara itu.

"Kawasan halal itu tak bisa bisa berdiri sendiri, harus saling terkait satu dengan lainnya sehingga ketersediaan produk halal di pasar dalam negeri dan internasional dapat tercukupi. Itulah alasan kami mau bekerjasama dengan kawasan halal di Taiwan," tambah Pascall.

Adapun Modern Halal Valley merupakan kawasan industri halal terbesar dengan luas 500. Proyek ini dikembangkan di dalam kawasan ModernCikande Industrial Estate.

Saat ini kawasan Modern Halal Valley masih dalam tahap pembangunan insfrastruktur jalan dan gedung pendukungnya. Pascall mengatakan, yang akan ditawarkan Modern Industrial di kawasan Modern Halal ini berupa kavling industri untuk produk makanan dan minuman, obat-obatan, kosmetika, dan produk turunan halal lainnya.

"Untuk pemanfaatan lahan bagi tenant industri halalnya sendiri akan siap di semester kedua tahun depan. Ke depannya akan kami tawarkan gudang logistik, ruko dan perumahan, juga dryport," kata Pascall.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com