Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Tjandra Optimistis Penuhi Target Kementerian ATR/BPN

Kompas.com - 29/10/2019, 22:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra optimistis dapat berkontribusi signifikan dan memenuhi target yang ditetapkan di bidang pertanahan.

“Kementerian ATR/BPN ini lembaga sangat besar, mestinya kalau kami bergerak secara baik yang mengalami dan menikmati manfaatnya sangat luar biasa di Negeri ini. Saya optimistis bisa berkontribusi di Kementerian ini,” kata Surya, dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (29/10/2019).

Sebagai Wamen ATR/Waka BPN Surya diberikan tugas khusus oleh Presiden. Tugas tersebut adalah khusus membantu Menteri ATR/Kepala BPN terkait penyelesaian sengketa agraria.

Untuk mengawali tugasnya, Surya akan melakukan pemetaan sengketa agraria di seluruh Indonesia.

Baca juga: Profil Singkat Surya Tjandra, Dosen Hukum Calon Wamen ATR/BPN

Tugas lainnya adalah, membantu secara khusus digitalisasi pelayanan pertanahan dalam kerangka big data system.

"Hal ini supaya cepat terealisasi, dan masyarakat betul-betul terlayani dengan baik dan persiapan untuk big data system di dalam kementerian ini,” tambahnya.

Pengalaman Surya sebagai seorang aktivis pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH), dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dianggap mumpuni dalam membantu Kementerian ATR/BPN menyelesaikan permasalahan pertanahan.

Oleh karena itu, bukan hal baru baginya jika diminta untuk mendatangi area konflik pertanahan. Bahkan, Surya menyatakan kesiapannya jika sewaktu-waktu diminta tinggal di area konflik guna menemukan solusi bersama.

"Masyarakat itu butuh kepastian jadi kalau memang ada dasar hukum ya diberikan,” sebut dia.

Surya merupakan satu di antara 12 wakil menteri yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (25/10/2019).

Dia dipercaya untuk mendampingi Sofyan A Djalil dalam upaya memenuhi target dan prioritas program kerja di Kementerian ATR/BPN.

Selain doktor hukum lulusan Universitas Leiden, Belanda, Surya dikenal sebagai politisi muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com