Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspatriat Jepang Lebih Suka Apartemen Berkamar Tidur

Kompas.com - 22/10/2019, 14:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Ekspatriat Jepang lebih suka tinggal di apartemen dengan unit dua kamar tidur. Terutama para profesional muda yang sudah berkeluarga.

Sementara ekspatriat yang masih berstatus lajang, memilih tinggal di apartemen satu kamar tidur yang dilengkapi dengan bath tub. 

Marketing Director PT Mitsubishi Corporation Indonesia Kenji Shimazaki menuturkan preferensi orang-orang Jepang terhadap apartemen kepada Kompas.com, Selasa (22/10/2019).

"Orang Jepang itu simpel dan lebih mengutamakan fungsi sesuai kebutuhan. Unit dua kamar untuk anak muda yang sudah berkeluarga dan punya anak, itu bagi mereka sudah cukup," kata Kenji.

Itulah mengapa,  Mitsubishi bersama Vasanta Group merancang Vasanta Innopark di kawasan industri MM2100, Cibitung, sesuai kebutuhan para ekspatriat Jepang.

Unit dua kamar tidur dibuat lebih luas (spacious) yakni 49,79 meter persegi yang nyaman untuk kebutuhan hunian jangka panjang dengan harga Rp 750 juta.

Tak beda jauh dengan hunian berupa rumah tapak, katakanlah di Kota Wisata, Cibubur, dengan ukuran serupa, namun harga lebih tinggi yakni menyentuh angka Rp 1 miliar.

Sedangkan unit satu kamar tidur seluas 39,31 meter persegi yang dilengkapi bak mandi, dipasarkan dengan patokan harga Rp 600 juta.

Oleh karena itu, Kenji optimistis Vasanta Innopark, terutama menara Chihana dapat menarik minat orang-orang Jepang yang bekerja di Cibitung, Cikarang, Bekasi Timur, dan sekitarnya.

Tak main-main, jumlah pekerja dan eksekutif Jepang yang bekerja di sekitar MM2100 dan kawasan lainnya di lingkup Bekasi sebanyak 13.620 orang atau 62 persen dari total 22.000 ekspatriat.

Namun demikian, Kenji mengaku, hingga saat ini belum ada inquiries dari mereka untuk membeli unit-unit Vasanta Innopark baik Menara Aoki, Botan, maupun Chihana

"Mereka baru melakukan transaksi pembelian melalui perusahaan tempat mereka bekerja atau pun sewa secara individu, ketika apartemennya sudah jadi dan beroperasi," jelas Kenji.

Vasanta Innopark dikembangkan di atas lahan seluas 14 hektar yang mencakup 9 menara, dan dilengkapi sejumlah fasilitas komersial sebagai penunjang kebutuhan penghuni.

Tahap pertama telah dipasarkan dua menara dengan nilai penjualan Rp 800 miliar, atau 1.400 unit. Komposisi pembeli seimbang antara investor sebanyak 50 persen dan end user 50 persen.

"Saat ini progres pembangunannya telah mencapai 50 persen dan akan diserahterimakan tahun 2021," kata Sales and Marketing Director Vasanta Innopark Ming Liang.

Sedangkan menara Chihana yang baru diluncurkan, sudah terserap 30 persen dari 683 unit dengan harga termurah Rp 450 juta untuk tipe studio ukuran 30,57 meter persegi.

Guna merealisasikan proyek Vasanta Innopark, Mitsubishi dan Vasanta Group menggelontorkan 700 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 9.8 triliun sebagai investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com