Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komite K2 Instruksikan Pengecoran Tol Desari Dihentikan Sementara

Kompas.com - 09/10/2019, 23:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Komite Keselamatan Konstruksi (K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), Rabu (9/10/2019) siang, telah melakukan investigasi di lapangan dan menginstruksikan untuk menghentikan kegiatan pengecoran box traffic, dan mensterilisasi area pekerjaan Tol Depok-Antasari (Desari).

Pekerjaan dapat dilanjutkan setelah revisi desain shoring atau perancah untuk Ramp 8 dan desain perkuatan shoring untuk Ramp 5 diserahkan, diperiksa, dan disetujui oleh Komite K2.

Bersamaan dengan itu, menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S Atmawidjaja, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga telah meninjau lokasi Tol Desari yang mengalami penurunan base form  sisi Barat.

BPJT meminta PT Citra Waspphutowa (CW) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5/PRT/M/2014 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum.

Base form sisi Barat proyek Tol Depok-Antasari mengalami penurunan pada Selasa (8/10/2019). Kementerian PUPR telah meninjau lokasi dan merekomendasikan BUJT mengentikan sementara pengerjaan box traffic.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Base form sisi Barat proyek Tol Depok-Antasari mengalami penurunan pada Selasa (8/10/2019). Kementerian PUPR telah meninjau lokasi dan merekomendasikan BUJT mengentikan sementara pengerjaan box traffic.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10/2019), BPJT berjanji akan lebih mengaktifkan konsultan Pengendali Mutu Independen (PMI) untuk memastikan kepatuhan BUJT dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Baca juga: Kasus Underpass Ambles, Kemen-PUPR Minta Maaf kepada WN Australia

Sebelumnya diberitakan telah terjadi penurunan base form sisi barat pada saat pengecoran Top Slab Box Trafic Ramp 8 Krukut Junction di Tol Depok-Antasari (Desari), Selasa (8/10/2019) pukul 01.42 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Peristiwa ini terjadi saat dilakukan pekerjaan pengecoran dengan total volume sebesar 792 meter kubik dari sisi timur dan sisi barat. Pada saat pengecoran tersisa sekitar 180 meter kubik, terjadi penurunan base form pada sisi Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com