Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPBA Janjikan Peningkatan Kualitas Penjurian

Kompas.com - 05/10/2019, 09:05 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga tahun ini Indonesia Property&Bank Award (IPBA) masih berhasil menjaga konsistensinya untuk memberikan penilaian dan penghargaan kepada para pelaku bisnis properti Tanah Air.

Bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Properti dan Keuangan (AJPK), IPBA digelar pada 26 September 2019 lalu sebagai event ke-14. CEO Jurnalis Grup dan Pemimpin Redaksi Majalah Property&Bank, Indra Utama, mengatakan penyelenggaraan IPBA 2019 ini memberikan catatan penting yang menjadi kata kunci dan faktor penting dalam melakukan penilaian.

"Ada ketokohan yang menginspirasi dan panutan atau teladan, milenial, teknologi serta, transportasi. Ini yang mendasari sejumlah penilaian kepada para penerima penghargaan. Kalau kehadiran pejabat penting, itu memang kami jadikan pembeda dibanding awarding sejenis," kata Indra, Jumat (4/10/2019).

Untuk itu, menurut dia, sejumlah faktor tersebut akan sangat mewarnai industri properti ke depan. Perkembangan teknologi, sarana transportasi modern, regulasi bahkan rencana pindahnya ibukota negara akan membawa banyak perubahan besar terhadap terhadap industri properti dan perumahan.

"Jadi, siapa pun yang masuk dalam pusaran bisnis properti harus secepatnya berubah mengikuti perkembangan dengan melakukan terus inovasi, termasuk media," ucap Indra.

Dekan IPMI International Business School, Prof Roy Sembel, anggota dewan juri sepakat dengan Indra. Dia mengatakan, penghargaan yang diberikan lewat IPBA harus menjadi benchmark untuk melaju ke depan.

"Termasuk untuk kami sehingga ke depan skala penjurian akan terus ditingkatkan, penentuan penerima penghargaan dan ragam penerimanya supaya sesuai dengan perkembangan teknologi. Saya berharap penghargaan ini bisa dijadikan referensi utama dalam memasarkan produknya," ujar Roy.

Dari sejumlah penerima penghargaan IPBA ke-14, beberapa yang menarik adalah terpilihnya beberapa tokoh pemerintah dan swasta turut menerima penghargaan, di antaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brojonegoro; Menteri Perhubungan RI, Budi Karya; serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil.

Adapun di kalangan pengembang properti tokoh yang menerima penghargaan di antaranya Nico Purnomo Po, Direktur Eksekutif PT Pollux Properti Indonesia Tbk, sebagai CEO of The Year 2019; Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk sebagai Top Banker of The Year 2019, serta Anggoro Eko Cahyo, Direktur Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk sebagai The Most Favourite Leadership in Consumer Banking 2019.

Sementara pada kategori pengembang proyek properti, lima besar peraih penghargaan diraih oleh Paramount Land sebagai "The Most Innovative Developer in Building Commercial Shophouses"; Adhi Commuter Properti sebagai The Best TOD Concept with Long Term Solution
for Urban Communities"; PT. Repower Asia Indonesia sebagai The First Developer with Education & Transit Oriented"; Kingland Avenue sebagai "The First Superblock With University
Town Community Concept"; serta Borneo Bay City (PT Agung Podomoro Land, Tbk) sebagai The Most Prospective Superblock Project In New Capital City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com