Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, 500 Perlintasan Sebidang Disterilisasi

Kompas.com - 26/09/2019, 22:20 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 500 perlintasan jalan dan kereta akan disterilisasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sepanjang koridor Jakarta-Surabaya. 

Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung proyek The Java Northline Upgrading project guna mengembangkan jalur kereta semi cepat

"Kami ditugasi untuk memperbaiki atau mensterilkan kurang lebih sekitar 500 perlintasan sebidang dengan jalan raya di sepanjang perlintasan rel kereta semi cepat Jakarta-Surabaya," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Perlintasan Sebidang Tanggung Jawab Siapa?

Proyek ini dikembangkan atas kerja sama antara Indonesia dan Jepang, dengan Kementerian Perhubungan sebagai executing agency dan Kementerian PUPR sebagai implementing agency

Tak hanya membebaskan, Basuki menambahkan, kementerian juga akan membangun sejumlah infrastruktur yang memang diperlukan. 

"Kami akan membangun fly over dan underpass hingga jembatan penyebrangan orang (JPO) termasuk perbaikan jalan lingkungan di sekitarnya," ujarnya.

Pembangunan proyek yang diperkirakan menelan anggaran Rp 60 triliun ini akan menggunakan teknologi dan produk dalam neger. Hal ini dilakukan selain agar lebih hemat biaya juga mempercepat pekerjaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com