Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, RS ke-52 Bhayangkara Berdiri di Bangka Belitung

Kompas.com - 19/09/2019, 10:00 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sempat terkendala anggaran selama hampir lima tahun, RS Bhayangkara Polri akhirnya resmi beroperasi di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (18/9/2019).

RS Bhayangkara bisa dibangun setelah Pemprov Kepulauan Bangka Belitung pada 2009 menghibahkan lahan seluas 12 hektar di komplek perkantoran gubernur Air Itam, Pangkal Pinang.

"Lahannya sudah ada sejak 2009. Tapi butuh waktu karena anggaran polri yang terbatas. Tahun 2016 saya masih presentasi agar rumah sakit ini bisa segera dibangun. Alhamdulillah akhirnya berdiri juga," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono saat peresmian.

Baca juga: Gedung Rumah Sakit Indonesia Masuk Nominasi World Architecture Festival 2019

Dia menuturkan, RS Bhayangkara merupakan rumah sakit tingkat empat atau Tipe-D dengan satu bangunan yakni gedung A yang telah rampung.

Sementara gedung lainnya bakal dibangun bertahap. Sebagian gedung ada yang dalam proses pengerjaan.

Kapusdokkes Polri Brigjen Musayafak mengatakan, RS Bhayangkara di Pangkal Pinang merupakan yang ke-52 di seluruh Indonesia.

Rumah sakit ini bakal melayani pasien dari kalangan anggota Polri maupun masyarakat umum. Kehadiran RS Bhayangkara juga diharapkan bisa memperkuat pengungkapan kasus hukum melalui proses visum et repertum.

"Jadi tetap ada fungsi khusus dalam penanganan kasus hukum sesuai tugas di kepolisian," ujar Musayafak.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang hadir saat peresmian mengatakan, kehadiran rumah sakit akan memperluas jangkauan pelayanan pada masyarakat.

"Kami berharap fasilitasnya terus ditingkatkan sehingga menjadi rumah sakit rujukan. Harus bisa bersinergi dengan Puskesmas yang ada di sekitarnya," ucap Erzaldi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com