Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Takut Bersaing dengan Perencana Asing

Kompas.com - 13/09/2019, 10:56 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana membuka kesempatan kepada para perencana asing untuk ikut ambil bagian dalam sayembara desain ibu kota baru

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Bernardus Djonoputro mengaku, tak khawatir dengan rencana pemerintah melibatkan perencana asing. 

"Saya kira tidak perlu takut merasa tersaingi. Saya sendiri juga merencana di luar negeri," kata Bernie kepada Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Sayembara Desain Ibu Kota Baru Segera Digelar

Perencanaan sebuah tata kota, menurut dia, harus dipahami secara global. Sebab, meski sebuah kota berada di dalam suatu negara, namun keberadaannya terikat dengan kota-kota lain di belahan dunia lain. 

"Di sini kita bicara fungsi kota tak hanya di pulaunya tapi seluruh dunia. Bagaimana Jakarta menjadi bagian ekonomi Asia Tenggara, bagaimana Balikpapan juga menjadi bagian dari ekonomi dunia," tutur Bernie.

Oleh karena itu, imbuh Bernie, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk mendapatkan sebuah rancangan yang komprehensif serta berkelanjutan. 

Rancangan itu juga tidak boleh menegasikan keberadaan nilai-nilai lokal, pada saat yang sama konsep modernitas dimasukkan dalam rancangan. 

Baca juga: Juri Asing Bakal Nilai Sayembara Desain Ibu Kota

"Desainnya itu sangat memerlukan kearifan lokal dan desain lokal. Tapi pada saat bersamaan kota itu it's a global things. Sehingga perlu melibatkan berbagai expertise dalam maupun luar negeri itu wajar ya. Karena locus-nya sendiri barang global," pungkas dia.

VIDEO: Menjajal Tol Balikpapan-Samarinda, Pertama di Provinsi Ibu Kota


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com