Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Barelang dan Kenangan Habibie akan Batam

Kompas.com - 11/09/2019, 22:11 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak tahu Jembatan Barelang yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Nama Barelang merupakan singkatan dari tiga pulau yang dihubungka jembatan tersebut yakni Batam, Rempang dan Galang.

Namun, tahukah Anda siapa penggagasnya?

Ia adalah Presiden ketiga RI BJ Habibie, yang baru saja meninggal dunia pada usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Sebagian masyarakat bahkan menyebut jembatan yang telah beroperasi sejak 22 tahun silam ini sebagai Jembatan Habibie.

Kecintaan Habibie pada kawasan ini buka tanpa alasan. Pada 1973, Presiden kedua RI Soeharto secara khusus memintanya untuk mengembangkan wilayah Batam setelah Pertamina tak berhasil melakukannya.

Baca juga: Menguji Ambisi Pollux Habibie Bangun Gedung Tertinggi

Namun sebelum menerima penugasan tersebut, Habibie memberikan syarat kepada Soeharto, bahwasannya konsep pengembangan Batam akan ia ubah. Batam harus dapat mengalahkan Singapura suatu saat.

Saat itu, ia berpikir, bahwa luas Batam yang hanya 75 persen dari luas Singapura, harus ditambah. Oleh karenanya, mantan Kepala Badan Otorita Batam itu memperluas wilayah Batam hingga ke pulau-pulau lain seperti Tonton, Nipah, Rempang, Galang dan Galang Baru, yang kemudian disambungkan dengan Jembatan Balerang.

Jembatan Barelang yang menjadi ikon pariwisata Kota Batam, dibangun dengan anggaran sekitar Rp 400 miliar sejak 1992.

Ratusan insinyur dalam negeri dikerahkan untuk menggarap salah satu proyek mercusuar berteknologi tinggi ini.

Kini setelah beroperasi, wisatawan yang ingin menyusuri jembatan ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Cara lainnya yakni dengan menggunakan Damri yang melintasi jembatan tersebut.

Baca juga: Pemerintah Kaji Dokumen Perencanaan Jembatan Batam-Bintan

Kenangan Habibie akan Batam terus terpatri hingga beberapa tahun terakhir. Batam selalu dan akan tetap istimewa di benaknya.

Oleh karena itu, ia dan keluarganya bersepakat untuk bekerja sama dengan pengembang properti PT Pollux Properties Indonesia Tbk, memajukan Batam menjadi kota terdepan.

Habibie dan Pollux, melalui perusahaan Pollux Habibie International mengembangkan konsep superblok bertajuk Meisterstadt Batam.

Proyek raksasa yang menelan investasi 1 miliar dollar AS atau Rp 14 triliun ini mencakup 11 menara yang terdiri dari 8 menara apartemen dengan 6.500 unit, pusat belanja, hotel, rumah sakit internasional, ruko komersial, dan perkantoran setinggi 100 lantai yang mencakup 350 meter.

Dalam laman resminya, Habibie mengatakan, Meisterstadt Batam merupakan salah satu realisasi dari pencapaian Batam menjadi yang terdepan.

“Batam tempat yang menawan bagi saya. Melalui pembangunan Meisterstadt, kita bangun kota Batam agar menjadi kota yang maju dan sempurna dari segala sisi. Meistestadt adalah wujud nyata berbagai proses perkembangan kota Batam," tutur Habibie.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com