Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Harap Kerjasama Infrastruktur dengan Timor Leste Meningkat

Kompas.com - 30/08/2019, 22:09 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berharap, hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste semakin baik. Selama ini, hubungan kedua negara, terutama dalam hal pengembangan infrastruktur sudah terjalin erat.

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono menyebut, nilai proyek konstruksi dan konsultasi Indonesia pada sejumlah proyek infrastruktur di Timor Leste terus mengalami peningkatan.

Basuki menyatakan, pembangunan infrastruktur fisik memang sangat penting untuk kemajuan sebuah negara. Namun dalam pelaksanaannya perlu mendapat dukungan dari sumber daya manusia yang kompeten.

"Dalam hal ini, Indonesia juga ingin mendukung pengembangan sumber daya manusia Timor Leste melalui program kerja sama teknis di berbagai sektor," kata Basuki di Istana Presiden Timor Leste, Kamis (29/8/2019).

Kedatangan Basuki ke sana adalah sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Peringatan ke-20 Hari Pelaksanaan Jajak Pendapat di Dili, Timor Leste, Jumat, 30 Agustus 2019. Basuki juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo di Istana Presiden, Dili, Timor Leste.

Basuki menyatakan, sejauh ini kerjasama peningkatan kapasitas SDM Timor Leste yang telah dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain pelatihan rehabilitasi dan rekonstruksi konstruksi jalan, program dan budgeting, dan pelatihan tenaga teknik operasional untuk operator buldozer dan alat-alat berat.

"Kami percaya kerjasama antar kedua negara akan membuat Timor Leste menjadi negara tangguh di Asia Tenggara dan mandiri secara ekonomi maupun politik," ucap Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com