Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Apartemen dan Kondominium?

Kompas.com - 17/08/2019, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Apartemen dan kondominium merupakan jenis hunian vertikal yang dibangun sebagai solusi dari permasalahan keterbatasan lahan di wilayah padat penduduk.

Pengertian keduanya seringkali tertukar atau kerap juga dianggap serupa karena sama-sama berbentuk bangunan bertingkat.

Sebenarnya, apartemen dan kondominium merupakan dua istilah yang berbeda, baik dari asal maupun status kepemilikannya.

Sebagai ruang tinggal alternatif selain rumah, terdapat juga keuntungan dan kerugian saat bermukim di apartemen atau pun kondominium.

Jika Anda berniat membeli properti untuk pertama kalinya, penting untuk mengetahui lebih jelas perbedaan apartemen dan kondominium. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Istilah Apartemen dan Kondominium

Istilah apartemen dan kondominium

Shutterstock Istilah apartemen dan kondominium
Istilah apartemen semula digunakan oleh warga Amerika Serikat untuk menyebut kumpulan hunian yang berada dalam satu bangunan bertingkat.

Namun, kini konsep apartemen semakin berkembang hingga memungkinkan terdiri dari beberapa sektor bangunan yang di dalamnya tersusun dari ratusan bahkan ribuan unit hunian.

Sementara, istilah kondominium sendiri berasal dari bahasa Italia. Kondominium merupakan gabungan kata dari con yang berarti bersama-sama dan dominium yang berarti kepemilikan.

Anggapan orang yang menyamakan apartemen dan kondominium mungkin ada benarnya karena kondominium merupakan salah satu jenis apartemen dengan spesifikasi sistem kepemilikan tertentu.

Dalam artian kondominium adalah apartemen itu sendiri, namun apartemen belum tentu berupa kondominium. Ini merujuk pada sistem hak guna bangunan yang diterapkan pada apartemen tersebut.

2. Kondominium Sebagai Jenis Apartemen

Berbagai jenis istilah apartemen dan kondominium

Shutterstock Berbagai jenis istilah apartemen dan kondominium
Menurut Hauseit, terdapat beberapa jenis sistem kepemilikan apartemen di Amerika Serikat, yaitu co-opt unit, condo unit, dan terakhir rental unit. Ketiga jenis unit tersebut berdiri di atas tanah atau bangunan yang dimiliki oleh satu pemilik.

Kepemilikan bersama diterapkan pada co-opt unit dengan beberapa shareholder sebagai pemilik hunian.

Rental unit adalah sistem kepemilikan secara sewa. Sedangkan pada condo unit atau kondominium, setiap unit hunian dimiliki oleh seseorang yang bertanggung jawab sepenuhnya atas hunian tersebut.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com