Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Asing Ikut Uji Coba Transaksi Tanpa Henti di Jalan Tol

Kompas.com - 12/08/2019, 10:37 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan regulasi Single Lane Free Flow (SLFF) atau transaksi tanpa henti di jalan tol dapat terbit tahun depan. Saat ini, sejumlah uji coba sedang dilakukan oleh konsorsium dalam negeri dan asing.

"Yang saya lihat sudah ada inisiati yang dilakukan Jasa Marga. Baik yang di Bali maupun bandara sudah kita coba," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Jakarta, Jumat (9/8/2019). 

"Pak Menteri juga sudah mencoba single lane free flow yang dilaksanakan Astra Group, itu juga sudah kami lihat ke sana dan kami coba," imbuh dia.

Sementara, konsorsium luar negeri yang tengah melakukan studi, berasal dari Hungaria. Studi yang dilaksanakan meliputi sistem, teknologi hingga transaksi.

Baca juga: Lelang Teknologi SLFF Jalan Tol Akhir 2019

"Mereka mendapatkan izin untuk studi. Jelas konsorsium yang lead-nya Hungaria, ada beberapa perusahaan lain ikut juga. Kalau ada izin prinsip pengen jadi pemrakarsa kalau dilakukan tender," ucap Danang.

Targetnya, studi yang dilakukan konsorsium tersebut rampung pada September 2019. Setelah itu akan dilaksanakan konsultasi dengan kementerian lain. 

Selain Hungaria, Danang menambahkan, sudah ada perusahaan asal Taiwan dan Korea yang menemuinya. 

"Yang ketemu Pak Herry (mantan Kepala BPJT) sebelumnya juga sudah ada beberapa. Sebenarnya sangat terbuka kalau itu pemrakarasa boleh di-challange perusahaan lain juga," kata Danang.

"Harapan kita awal tahun depan platform single lane free flow sudah mantap sudah kita terbitkan dengan permen," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com