Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tender Dua Tol Solo-Yogya dan Bawen-Yogya Segera Dilakukan

Kompas.com - 10/08/2019, 13:54 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang dua ruas tol, Solo-Yogyakarta dan Bawen-Yogyakarta, diharapkan dapat segera dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga tengah melakukan finalisasi trase untuk kedua ruas tersebut.

Bila tahapan tersebut telah rampung, maka Ditjen Bina Marga akan melayangkan surat penetapan lokasi (penlok) ke kepada-kepala daerah.

"Ini kan tadinya direncanakan bulan Juli, itu (lelang) akan terjadi setelah Pak Dirjen menerbitkan surat penlok ke Pak Gubernur DIY," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Jakarta, Jumat (9/8/2019). 

Baca juga: Tiga Investor China Tertarik Ikut Tender Tol Balikpapan-PPU

Seperti diketahui, prakarsa pekerjaan Tol Solo-Yogya-Kulonprogo telah dikantongi PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Gama Group dan PT Daya Mulia Turangga.

Jalan berbayar sepanjang 91,93 kilometer ini diperkirakan bakal menelan investasi sebesar Rp 22,54 triliun. 

Adapun untuk ruas Bawen-Yogyakarta, Danang mengaku, sudah ada sejumlah perseroan yang menyampaikan minat untuk menggarap proyek yang dirancang sepanjang 71 kilometer itu.

Kendati demikian, ia masih merahasiakan identitas perseroan yang dimaksud.

"Saya kira banyak, dan kita kemarin sudah mendapatkan pernyataan minat secara informal, karena belum di-issued ya PQ-nya, itu cukup banyak baik BUMN maupun non-BUMN," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com