Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Benda-benda Ini Sebelum Listrik Black Out Lagi...

Kompas.com - 08/08/2019, 19:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Padamnya listrik secara massal di sebagian besar wilayah Pulau Jawa, beberapa waktu lalu, harus disikapi dengan peningkatan kewaspadaan atas potensi kejadian serupa pada masa yang akan datang.

Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi mengatakan, dengan antisipasi, paling tidak dampak dari kondisi tersebut dapat diminimalisasi.

"Kondisi darurat seperti terjadinya listrik padam tentunya tidak diharapkan. Kami membantu menghadirkan berbagai produk antisipatif sebagai solusinya," kata Nana dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (8/8/2019).

Selain genset dengan beragam ukuran dan daya yang dapat menyuplai listrik pengganti, juga siapkan produk-produk darurat lainnya, sehingga kegiatan sehari-hari tidak terganggu.

Produk tersebut, misalnya, penerangan darurat berupa model gantung atau portabel, dengan pilihan pengisian sumber daya yang dapat diisi ulang dengan listrik, sinar matahari, baterai, bahkan power bank.

Baca juga: Tagihan Membengkak, Ini 5 Cara Menghemat Listrik

Suhu udara juga kerap menjadi kendala ketika listrik mati. Karena itu, siapkan benda seperti kipas angin dengan model portabel atau standing, atau kipas angin darurat dengan uap yang membuat udara lebih sejuk dengan waktu pemakaian hingga 20 jam.

Di samping itu juga sediakan evaporate air cooler untuk menurunkan suhu udara dengan dilengkapi baterai yang bisa diisi ulang.

"Sedangkan cooler box bisa membantu untuk menyimpan barang yang perlu tetap dijaga suhunya agar tetap dingin, seperti ASI," ujarnya.

Sementara itu untuk menjaga agar sirkulasi udara di akuarium terjamin, bisa disiapkan air pump.

Alat ini dapat membantu menyuplai udara ke dalam akuarium. Dengan konsumsi daya sebesar 1 watt, alat ini dapat digunakan dalam kurun 2-4 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com