Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tawari Singapura Proyek Air Minum

Kompas.com - 17/07/2019, 17:47 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah proyek pengadaan air minum ditawarkan kepada investor asal Singapura, yang tergabung ke dalam Singapore Water Association (SWA).

Menurut Kepala Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Bambang Sudiatmo, proyek air minum yang ditawarkan sudah siap untuk dibangun.

"Di antarnya SPAM Jatigede, SPAM Pekanbaru, SPAM Jatiluhur, SPAM Karian dan SPAM Kamijoro," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Komitmen Pemda dalam Penyediaan Air Minum Masih Rendah

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015, kerja sama penyediaan air minum dengan badan usaha hanya dapat dilakukan dalam bentuk investasi pengembangan dan atau pengelolaan unit air baku, unit produksi, dan unit distribusi yang selanjutnya dioperasikan dan dikelola oleh BUMN atau BUMD.

Selain itu, Bambang menambahkan, badan usaha juga dapat melakukan investasi teknologi pengoperasian dan pemeliharaan dalam rangka mengupayakan penyelenggaraan SPAM yang efektif dan efisien dengan mekanisme kontrak berbasis kinerja.

Manager Business SWA, Jasinder Sip mengatakan, SWA memiliki anggota hingga mencapai 260 perusahaan.

Kedatangan SWA ke BPPSPAM untuk mengetahui prosedur kerjasama penyelenggaraan SPAM di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com