Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kemerdekaan RI, Lampung-Sumsel Tersambung Tol Trans Sumatera

Kompas.com - 07/07/2019, 12:31 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang menjadi bagian Tol Trans-Sumatera, ditargetkan rampung Agustus 2019.

Melansir data monitorig Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), konstruksi tol sepanjang 189,2 kilometer ini telah mencapai 94,18 kilometer.

"Paling dekat kita bicara Agustus kemungkinan besar Terbanggi Besar-Kayu Agung. Targetnya kan mudah-mudahan 17 Agustus (beroperasi)," ucap Kepala BPJT Danang Parikesit kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: 15 SPBU di Tol Terbanggi Besar-Palembang Siap Layani Pemudik

Dengan demikian Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan akan tersambung sempurna oleh Tol Trans-Sumatera saat Indonesia merayakan hari jadinya ke-74 tahun.

Jalan bebas hambatan ini terdiri atas dua seksi, Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 kilometer dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer.

Pembangunan tol ini dilakukan PT Hutama Karya (Persero) dengan investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Dari jumlah tersebut Rp 8,37 triliun di antaranya diberikan sebagai dukungan konstruksi untuk pembangunan sepanjang 80 kilometer.

Sementara, jumlah pinjaman perseroan yang diperoleh untuk mendanai proyek ini sebesar Rp 9,16 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com