Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pesawat Mahal, Tingkat Hunian Hotel di Bali Merosot

Kompas.com - 03/07/2019, 17:57 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahalnya harga tiket pesawat tak hanya memengaruhi jumlah wisatawan yang datang ke Bali. Lebih dari itu, tingkat okupansi hotel pun turut terkena imbasnya.

Berdasarkan data Colliers International Indonesia, jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke sana pada periode Januari-April 2019 turun 11 persen atau sekitar 363.161 orang bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penurunan tersebut berdampak pada tingkat okupansi hotel yang terkoreksi 2 persen menjadi hanya 62,7 persen pada kuartal II-2019 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Baca juga: Kuasai Pasar Asia Pasifik, Accor Buka Hotel ke-1.100 di China

"Harga tiket pesawat yang tinggi, juga ikut memengaruhi performa hotel di Bali," ucap Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto dalam paparannya di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Sebagai gambaran, sebelumnya harga tiket pulang pergi Jakarta Bali pada saat weekdays dapat ditebus dengan harga Rp 1,7 juta untuk penerbangan kelas terjangkau.

Sekarang, dengan kelas yang sama, biaya yang harus ditebus sebesar Rp 2,4 juta, dengan catatan itu belum termasuk biaya bagasi.

Sementara pada saat yang sama, ongkos pesawat Jakarta-Singapura pada saat weekdays dapat ditebus dengan harga Rp 2 jutaan.

"Dengan kondisi seperti ini, wisatawan domestik tentu akan lebih memilih melakukan perjalanan ke luar negeri," tauntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com