Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecah Rekor Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 10/06/2019, 21:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 166.574 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Tol Jakarta-Cikampek pada H+3 Lebaran atau Minggu (9/6/2019) kemarin.

Volume lalu lintas tersebut sekaligus menjadi rekor tertinggi bagi PT Jasa Marga (Persero) di dalam pelaksanaan musim mudik dan balik lebaran.

"Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode yang sama tahun 2018. Kami mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2018 yaitu sebanyak 130.125 kendaraan arah ke Jakarta melintas melalui GT Cikarang Utama," ucap Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti, dalam keterangan tertulis, Senin (10/6/2019).

Baca juga: Agar Mudik Tahun Depan Lebih Lancar, Ini Saran Pengamat

Kendaraan yang kembali itu berasal dari sejumlah wilayah seperti Semarang, Surabaya, Solo, Cirebon dan Bandung.

Jumlah tersebut, lanjut Irra, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan volume lalu lintas harian rata-rata normal sebanyak 67.345 kendaraan.

Secara rinci, ia menjelaskan, pemudik yang kembali melalui Gerbang Tol Cikampek Utama sebanyak 109.296 kendaraan atau naik 309 persen dibandingkan LHR normal yang hanya 26.705 kendaraan.

Sedangkan, jumlah kendaraan yang melintas dari GT Kalihurip Utama mencapai 57.278 kendaraan atau naik 41 persen dibandingkan LHR normal yakni 40.640 kendaraan.

Baca juga: Megahnya Rest Area KM 260B, Menelusuri Jejak Sejarah Pabrik Gula

Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan mengatakan, untuk mempercepat transaksi kendaraan di gerbang tol, pihaknya sengaja menambah kapasitas gardu.

Di GT Cikampek Utama, misalnya, ada 33 lajur transaksi dan 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem untuk menunjang kelancaran arus.

"Sementara, 25 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di GT Kalihurip Utama," pungkas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com