Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Way" Arus Balik Mulai Diterapkan Siang Ini

Kompas.com - 07/06/2019, 15:04 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas one way arus balik Lebaran 2019 dari arah Timur menuju arah Jakarta mulai diterapkan pada Jumat (7/6/2019) sejak pukul 14.05 WIB.

Rekayasa lalu lintas ini dimulai di titik awal yakni di KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang sampai KM 70 GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

"Pemberlakuan one way hari pertama pada periode arus balik Lebaran 2019 ini mundur dua jam lima menit dari yang telah direncanakan sebelumnya (pukul 12.00 WIB) dengan mempertimbangkan ramainya lalu lintas di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek," ujar Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti.

Baca juga: Waspadai Puncak Arus Balik di Tol Trans-Jawa

Irra mengungkapkan, penundaan waktu pemberlakuan one way dikarenakan sebagian besar pengguna jalan juga masih memanfaatkan rest area di jalur arah Cikampek untuk shalat Jumat.

Hal ini kemudian membuat pembersihan (sweeping) jalur arah Cikampek baru akan dilaksanakan setelah waktu shalat Jumat selesai.

Untuk itu, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiapkan skenario pengaturan operasional GT Cikampek Utama yang merupakan GT barrier selama pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way berlangsung.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol dari arah Cikampek menuju Jakarta, sejak pukul 11.25 WIB hari ini Jasa Marga telah mengoperasikan 4 unit tambahan Oblique Approach Booth (OAB). Selain itu, Jasa Marga juga mengoperasikan 25 mobile reader.

"GT Cikampek Utama juga masih menerima lalu lintas dari Jakarta menuju Cikampek dengan mengoperasikan sebanyak 4 gardu yang dalam pelaksanaannya situasional dan akan selalu dievaluasi," ucap Irra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com