Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Jumat Ini, 62.379 Kendaraan Diperkirakan Masuki Jakarta

Kompas.com - 07/06/2019, 13:23 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi, arus balik Jumat (7/6/2019) ini  sebanyak 62.379 kendaraan via Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Angka prediksi tersebut naik 278,1 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 22.434 kendaraan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (7/6/2019) Jasa Marga mencatat total sebanyak 140.672 kendaraan meninggalkan Jakarta pada hari pertama dan kedua Lebaran via GT Cikampek Utama.

Baca juga: One Way Arus Balik Dimulai Jumat Besok

"Peningkatan volume kendaraan yang menuju ke arah Timur selama dua hari perayaan Lebaran 2019 yang melalui GT ini masih sangat signifikan, yaitu meningkat 203,79 persen dari LHR normal sebanyak 46.306 kendaraan," ujar Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti.

Sementara lalu lintas pada hari kedua Idul Fitri kemarin tercatat sebanyak 66.842 kendaraan melalui GT Cikampek Utama. Jumlah ini meningkat sebesar 288,7 persen dari LHR normal yakni sebanyak 23.153 kendaraan.

Baca juga: Waspadai Puncak Arus Balik di Tol Trans-Jawa

Adapun volume lalu lintas di GT Cikampek Utama pagi ini masih terpantau ramai lancar. Adapun antrean kendaraan tercatat sepanjang 4-5 di kedua arah baik dari Cikampek maupun arah Jakarta.

"Untuk titik-titik kepadatan sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau di beberapa titik jelang rest area, seperti rest area KM 33A, KM 39A dan KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar Irra.

Lebih lanjut, untuk mengurangi kepadatan kendaraan, lalu lintas one way masih akan diberlakukan mulai dari GT Kalikangkung KM 414 hingga KM 70 GT Cikampek Utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com