Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Seminggu, 275.160 Kendaraan Memasuki Jawa Tengah

Kompas.com - 06/06/2019, 20:41 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Selama tujuh hari atau pada periode H-7 hingga H-1 Lebaran, PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku operator Jalan Tol Batang-Semarang mencatat sebanyak 275.160 kendaraan masuk ke wilayah Jawa Tengah.

Peningkatan tersebut tercatat sebesar 174 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal atau dari 100.523 kendaraan.

Baca juga: One Way Arus Balik Dimulai Jumat Besok

Adapun pada hari kedua perayaan Lebaran, lalu lintas diprediksi meningkat 134 persen atau sebanyak 29.626 kendaraan dibandingkan LHR normal sebesar 12.653 kendaraan.

Selama tujuh hari, 275.160 kendaraan melintasi Jalan Tol Batang-SemarangDok. Jasa Marga Selama tujuh hari, 275.160 kendaraan melintasi Jalan Tol Batang-Semarang
"Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung," ujar ujar Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (6/6/2019).

Baca juga: Mudik Lancar, Warganet: Kemacetan Itu Tradisi, Kok Dihilangkan?

GT Kalikangkung menerima menerima transaksi pengguna jalan yang berasal dari jalan tol sebelumnya, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, untuk menuju ke arah Kota Semarang maupun melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur dan sekitarnya.

Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) KalikangkungDok. Jasa Marga Tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung
Lebih lanjut, PT JSB juga mencatat pada puncak arus mudik atau pada H-4 Lebaran GT ini dilalui 52.533 kendaraan. Angka tersebut melonjak 184 persen dari LHR normal sebesar 18.516 kendaraan.

Baca juga: Simpang Jomin, Jalur Neraka yang Kini Tinggal Legenda

Sedangkan pada hari H Lebaran, volume kendaraan yang melewati GT ini mengalami peningkatan sebesar 189 persen dari LHR normal sebesar 11.699 kendaraan menjadi 33.819 kendaraan.

Puncak arus mudik lebaran 2019 di GT Kalikangkung terjadi pada H-4 (1 Juni 2019) dengan total lalulintas sebesar 52.533 kendaraan, Dok. Jasa Marga Puncak arus mudik lebaran 2019 di GT Kalikangkung terjadi pada H-4 (1 Juni 2019) dengan total lalulintas sebesar 52.533 kendaraan,
"Untuk meningkatkan kemanan dan kenyamanan pengguna jalan, PT JSB memaksimalkan 22 Gardu Operasi di GT Kalikangkung serta penambahan 11 mobile reader untuk melayani transaksi pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah tersebut," ucap Irra.

Selain itu, PT JSB atas diskresi kepolisian juga melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas serta menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com