Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat Tiga Hari

Kompas.com - 04/06/2019, 14:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 429.935 kendaraan meninggalkan Jakarta lewat Jalan Tol Jakarta Cikampek, tepatnya di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/6/2019) volume kendaraan yang melintas pada Senin (3/6/2019) atau H-2 Lebaran tercatat sebesar 67.572 unit melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Jumlah ini meningkat sebesar 192 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 23.153 kendaraan.

"Pencapaian puncak lalu lintas mudik di GT Cikampek Utama telah terjadi pada H-4 lebaran 2019 atau pada tanggal 1 Juni 2019 lalu, dengan lalu lintas mencapai lebih dari 87 ribu kendaraan," ujar Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti.

Sementara itu, volume lalu lintas di GT Cikampek Utama pagi ini di kedua arah terpantau ramai lancar baik arah menuju timur melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan ataupun sebaliknya kendaraan dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan menuju arah Jakarta.

Irra mengungkapkan, meski kenaikan volume lalu lintas jelang Lebaran tidak terlalu signifikan, namun Marga atas diskresi Kepolisian tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas one way.

Sistem rekayasa ini dilakukan mulai dari KM 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 44 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada H-2 kemarin.

Selama mudik dan balik Lebaran, Jasa Marga mengimbau pengguna untuk selalu menastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Selain itu, pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com